Operasi Badai Al-Aqsa, 12 Sekutu Israel Kompak Kecam Serangan Hamas

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 18:58 WIB
loading...
Operasi Badai Al-Aqsa, 12 Sekutu Israel Kompak Kecam Serangan Hamas
Serangan roket pejuang Hamas mengguncang wilayah Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pejuang Hamas telah melancarkan serangan terbesar terhadap Israel dalam beberapa tahun terakhir. Serangan menewaskan lebih dari 20 orang dalam serangan mendadak yang mencakup orang-orang bersenjata memasuki kota-kota Israel setelah rentetan roket ditembakkan dari Jalur Gaza.

Israel mengatakan kelompok yang didukung Iran telah menyatakan perang ketika tentaranya mengonfirmasi bahwa mereka berada di balik pertempuran pada hari Sabtu di dekat Gaza, dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji akan membalas.

Berikut adalah reaksi 12 negara yang dikenal sebagai sekutu Israel terhadap serangan Hamas ke Israel.

1. Belgium

“Belgia mengutuk keras serangan roket besar-besaran terhadap warga sipil Israel. Kekerasan dan teror hanya akan melanggengkan penderitaan dan menghalangi jalan menuju dialog. Pikiran kami tertuju pada semua yang terkena dampak. Kami memantau situasi ini dengan cermat,” tulis Menteri Luar Negeri Hadja Lahbib di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dilansir Al Jazeera.

2. Komisi Eropa

“Saya dengan tegas mengutuk serangan yang dilakukan oleh teroris Hamas terhadap Israel… Israel mempunyai hak untuk mempertahankan diri terhadap serangan keji tersebut,” Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen memposting di X.

3. Republik Ceko

“Serangan yang dilakukan dari Jalur Gaza adalah tindakan terorisme yang menyedihkan terhadap Negara Israel dan penduduk sipil,” kata Presiden Petr Pavel dalam sebuah pernyataan.

“Serangan roket dan infiltrasi pasukan komando Hamas ke Israel akan menghalangi upaya apapun untuk mencapai solusi damai konflik Palestina-Israel untuk jangka waktu yang lama.”

Netanyahu menunda perjalanan ke Republik Ceko, menyusul terjadinya permusuhan, kata sebuah pernyataan dari kantor kepresidenan Ceko.

4. Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengutuk “serangan teroris” terhadap Israel.

“Saya mengutuk keras serangan teroris yang saat ini melanda Israel. Saya menyatakan solidaritas penuh saya kepada para korban, keluarga mereka, dan orang-orang terdekat mereka,” tulis Macron di X.

Kedutaan Besar Perancis di Israel pada hari Sabtu menggambarkan serangan itu sebagai “serangan teroris yang tidak dapat diterima”.

“Ngeri dengan perkembangan yang terjadi di bagian selatan negara ini. Serangan teroris ini tidak dapat diterima dan harus dikutuk oleh semua orang. Kami berdiri berdampingan bersama Israel dan Israel,” tulis Kedutaan Besar Prancis di X.

5. Jerman

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan Berlin “mengutuk dengan tegas serangan teroris dari Gaza terhadap Israel”.

Baerbock mengatakan Hamas “berkontribusi pada intensifikasi kekerasan”, dan menambahkan bahwa “kekerasan dan roket yang ditujukan kepada orang-orang yang tidak bersalah harus segera dihentikan”.

6. Yunani

“Yunani mengutuk keras peluncuran serangan roket besar-besaran hari ini dari Gaza terhadap Israel. Yunani mendukung Israel dan sangat prihatin dengan peningkatan kekerasan yang tidak dapat diterima ini,” tulis Kementerian Luar Negeri Yunani di X.

7. Italia

Italia mengatakan pihaknya mendukung “hak Israel untuk mempertahankan diri” terhadap “serangan brutal” oleh Hamas.

Pemerintah mengatakan pihaknya “mengutuk sekeras-kerasnya teror dan kekerasan yang terjadi terhadap warga sipil tak berdosa”.

8. Polandia

“Saya mengutuk keras serangan Hamas terhadap Israel yang sedang berlangsung. Agresi dan tindakan kekerasan yang tidak berdasar, terutama terhadap warga sipil, tidak dapat diterima. Pikiran dan doa kami menyertai semua orang yang terkena dampak peristiwa mengerikan ini,” tulis Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau di X.

9. Rusia

Rusia mengatakan pihaknya melakukan kontak dengan Israel, Palestina dan negara-negara Arab sehubungan dengan meningkatnya konflik Israel-Palestina, kantor berita Interfax melaporkan, mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Mikhail Bogdanov.

“Tentu saja kami selalu menyerukan pengendalian diri,” tambahnya.

10. Spanyol

Penjabat Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares mengatakan di X bahwa dia mengutuk serangan dari Gaza terhadap Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)