Putin Blak-blakan Soal Tingkah Armenia dan Eksodus Besar-besaran dari Nagorno-Karabakh

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 11:01 WIB
loading...
Putin Blak-blakan Soal Tingkah Armenia dan Eksodus Besar-besaran dari Nagorno-Karabakh
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato pada Pertemuan Tahunan ke-20 Klub Diskusi Valdai di Sochi, Rusia, 5 Oktober 2023. Foto/Sputnik/Grigory Sysoyev/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menjelaskan Kremlin telah mengusulkan kompromi kepada Armenia mengenai Nagorno-Karabakh, tetapi Yerevan memilih “mengambil jalannya sendiri” yang mengakibatkan eksodus etnis Armenia dari wilayah yang sekarang dikuasai Azerbaijan.

“Segala sesuatu yang terjadi baru-baru ini, selama 2-3 minggu terakhir, blokade koridor Lachin dan sebagainya, semua ini tidak dapat dihindari setelah pengakuan kedaulatan Azerbaijan atas (Nagorno) Karabakh oleh (Armenia),” papar Putin pada pertemuan ke-20 Klub Diskusi Internasional Valdai di Sochi, Kamis (5/10/2023).

“Kapan dan dengan cara apa Azerbaijan akan menguasai wilayah tersebut berdasarkan konstitusinya, hanyalah masalah waktu saja,” ujar presiden Rusia.

Pasukan Azerbaijan menguasai Nagorno-Karabakh bulan lalu. Lebih dari 100.000 etnis Armenia, atau lebih dari 90% populasi wilayah tersebut, telah melarikan diri ke Armenia.

Perdana Menteri (PM) Armenia Nikol Pashinyan berusaha menangkis kritik dengan menyalahkan Rusia atas apa yang terjadi, hal yang juga diamini Ketua Dewan Eropa Charles Michel.

Pada Kamis, Putin menolak sindiran tersebut, dengan menggunakan pepatah populer yang membandingkan Michel dengan “sapi yang melenguh padahal seharusnya diam.”

Presiden Rusia mengingatkan hadirin di Valdai bahwa Yerevan secara eksplisit menyerahkan wilayah tersebut ke Baku pada pertemuan yang diselenggarakan Michel.

Pashinyan menandatangani perjanjian mengenai hal tersebut pada Oktober 2022 di Praha, menurut pemimpin Rusia tersebut, dan kemudian menegaskannya kembali di Brussels awal tahun ini.

“Ngomong-ngomong, tidak ada yang memberi tahu kami tentang hal ini, saya pribadi mengetahuinya dari media,” ujar Putin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)