Gedung Putih Akui Kesulitan Danai Ukraina, Rusia Berpeluang Menang Perang?

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 01:11 WIB
loading...
Gedung Putih Akui Kesulitan Danai Ukraina, Rusia Berpeluang Menang Perang?
Pasukan Rusia berpeluang besar menang dalam perang di Ukraina. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Para pejabat senior Gedung Putih secara pribadi telah mengakui bahwa hanya tinggal beberapa minggu lagi sebelum penghentian pendanaan AS ke Ukraina akan mengakibatkan masalah medan perang yang serius bagi pasukan Kiev.

CNN melaporkan berdasarkan sumber-sumber di pemerintahan Presiden Joe Biden.

Laporan ini muncul setelah Kongres AS pekan lalu menghapuskan dana apa pun untuk Ukraina dalam rancangan undang-undang belanja pemerintah sementara selama 45 hari menyusul penolakan dari para senator Partai Republik.

Para legislator sekarang mempunyai waktu hingga 17 November untuk menyetujui rancangan undang-undang pendanaan jangka panjang, dan semakin banyak anggota Partai Republik yang bersikeras untuk tidak mengirimkan lagi dolar pembayar pajak AS ke Kiev.

Para pejabat tinggi AS terus meminta Kongres untuk segera menyetujui dana tambahan untuk upaya perang Ukraina dan berulang kali memperingatkan tentang bahaya penghentian dukungan keuangan untuk Kiev.

Meskipun para pejabat publik mengatakan bahwa mereka yakin mayoritas warga Amerika mendukung bantuan berkelanjutan untuk Ukraina, CNN melaporkan bahwa secara pribadi mereka khawatir bahwa Kongres pada akhirnya akan gagal memasukkan dana tambahan untuk Kiev ke dalam anggaran belanja pemerintah.

Selain itu, setelah Kevin McCarthy dari Partai Republik dicopot dari jabatannya sebagai ketua DPR minggu ini, kebutuhan untuk memilih penggantinya dapat berarti bahwa prospek untuk paket bantuan baru dalam waktu dekat tampak kecil.



Berbicara kepada wartawan pada Rabu, Presiden Joe Biden menyatakan bahwa dia berencana untuk berpidato di depan para legislator dalam waktu dekat dan ingin menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan untuk Ukraina. “Saya akan berargumen bahwa keberhasilan Ukraina adalah demi kepentingan Amerika Serikat,” katanya.

Biden juga menyatakan bahwa pemerintahannya saat ini sedang mencari metode solusi untuk memberikan bantuan kepada Ukraina jika Kongres gagal memasukkan pendanaan tersebut ke dalam anggaran pemerintah. “Ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan pendanaan,” kata Biden, tanpa menjelaskan lebih lanjut mengenai cara alternatif apa yang bisa dilakukan.

Melansir RT, Moskow berpendapat bahwa penolakan Kongres AS untuk mengirim uang ke Ukraina hanyalah “fenomena sementara.” Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan meskipun ada masalah baru-baru ini, Washington pasti akan terus terlibat langsung dalam konflik Ukraina.

Namun demikian, Peskov menegaskan kembali posisi Kremlin bahwa pada akhirnya banyak negara, termasuk AS, akan bosan dengan “sponsor yang benar-benar tidak masuk akal dari rezim Kiev.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)