Siapakah Wab Kinew? Politikus Pribumi Kanada yang Menjadi Perdana Menteri Provinsi Manitoba

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 04:25 WIB
loading...
Siapakah Wab Kinew? Politikus Pribumi Kanada yang Menjadi Perdana Menteri Provinsi Manitoba
Wab Kinew menjadi politikus pribumi Kanada yang sukses menjabat sebagai PM Provinsi Manitoba. Foto/Reuters
A A A
OTTAWA - Wab Kinew terpilih sebagai perdana menteri provinsi Manitoba di Kanada , dan menjadi pemimpin warga pribumi pertama yang memegang jabatan tersebut.

Pengangkatan pria berusia 41 tahun ini ke jabatan tertinggi provinsi terjadi setelah Partai Demokrat Baru (NDP) yang berhaluan kiri-tengah mendapatkan mayoritas 34 kursi dari 57 kursi dalam pemilu yang diadakan awal pekan ini.

“Manitoba melakukan sesuatu yang lebih progresif dibandingkan kota-kota besar mana pun,” kata Kinew dalam pidato kemenangannya pada hari Rabu. “Kami memilih tim Demokrat Baru yang kuat untuk memperbaiki layanan kesehatan dan membuat hidup Anda lebih terjangkau.”

Mengapa kemenangan Kinew penting dan apa latar belakangnya? Berikut adalah 4 fakta mengenai Wab Kinew.

1. Putra Kepala Suku Anishinaabe

Siapakah Wab Kinew? Politikus Pribumi Kanada yang Menjadi Perdana Menteri Provinsi Manitoba

Foto/Reuters

Kinew adalah putra seorang kepala suku Anishinaabe dari wilayah Onigaming First Nations di provinsi tetangga Ontario, Manitoba. Sebagai seorang anak, ia pindah ke Winnipeg, ibu kota Manitoba, bersama keluarganya, tempat ayahnya bekerja sebagai profesor di Universitas Winnipeg.

First Nations adalah salah satu dari tiga kelompok Pribumi atau Aborigin di Kanada. Berdasarkan sensus tahun 2021, populasi Pribumi Kanada berjumlah 1.807.250 jiwa, atau 5 persen dari populasi nasional.

Populasi Pribumi dipecah menjadi Inuit (70.540), Metis (624.220) dan First Nations (1.048.405). Yang terakhir ini disebut sebagai orang India hingga tahun 1970-an ketika istilah First Nation menjadi lebih umum.

Saat ini terdapat lebih dari 630 komunitas First Nations di Kanada, yang mewakili lebih dari 50 Negara dan 50 bahasa Pribumi.


2. Bukan Suku Pribumi yang Memegang Jabatan Penting

Tidak, dia bukan perdana menteri Pribumi pertama, tapi dia adalah politisi First Nations pertama yang memimpin negara bagian tersebut.

Perdana Menteri Pribumi pertama di Manitoba adalah John Norquay dari komunitas Metis. Dia mulai menjabat pada tahun 1878.

3. Simbol Kebangkitan Suku Pribumi dalam Politik Kanada

Menjadi pemimpin Manitoba yang ke-25 merupakan hal yang penting bagi Kinew dan masyarakat First Nations, terutama karena penduduk asli Kanada tidak diizinkan untuk memilih hingga tahun 1960. Beberapa hak Aborigin belum sepenuhnya diakui hingga tahun 1982.

Manitoba memiliki proporsi penduduk Pribumi tertinggi di Kanada. Menurut sensus tahun 2021, ada 164.289 terdaftar dan 63 First Nations berbeda di provinsi tersebut saja.

Sebelum menjadi pemimpin NDP pada tahun 2017, Kinew adalah anggota grup hip-hop Slangblossom dan Dead Indians. Ia juga bekerja sebagai jurnalis dan administrator universitas.

Dalam pidato kemenangannya, beliau berkata: “Ini merupakan bukti kemajuan provinsi dan negara kita. Perjalanan masih panjang, tapi Anda tidak bisa mengatakan kepada saya bahwa kita belum membuat kemajuan.

“Saya diberi kesempatan kedua dalam hidup.”

4. Fokus Mewujudkan Perubahan

Kampanye pemilu Kinew berfokus pada layanan kesehatan, dan dia berjanji untuk membuka kembali tiga ruang gawat darurat yang baru-baru ini ditutup untuk warga Manitoban serta pusat perawatan kanker baru. Ia juga mengatakan provinsi tersebut akan berinvestasi pada lebih banyak perumahan sosial.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)