Agama Warga Negara Lithuania dan Persentasenya

Kamis, 05 Oktober 2023 - 13:09 WIB
loading...
Agama Warga Negara Lithuania dan Persentasenya
Lithuania adalah negara di wilayah Baltik. Foto/US Department of State
A A A
JAKARTA - Agama warga negara Lithuania dan persentasenya menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Tercatat, ada sejumlah kepercayaan berbeda yang dianut populasi negara ini.

Lithuania merupakan sebuah negara di kawasan Baltik, Eropa. Mereka berbagi perbatasan darat dengan Latvia di utara, Belarusia di timur dan selatan, Polandia di selatan, serta Rusia di bagian barat daya.

Mengutip laman US Department of State, Kamis (5/10/2023), populasi Lithuania diperkirakan mencapai 2,7 juta jiwa pada pertengahan tahun 2022. Dari angka tersebut, penduduknya ini menganut beberapa agama yang berbeda. Berikut daftarnya yang bisa diketahui.

Agama Warga Negara Lithuania

1. Katolik


Lithuania memang tidak menetapkan agama resmi negaranya. Maka dari itu, para warga negaranya bebas memilih kepercayaan sesuai keinginan.

Pada kondisinya, Katolik menjadi agama mayoritas warga negara Lithuania. Berdasarkan sensus penduduk yang sempat dilakukan tahun 2021, sekitar 74% warga Lithuania mengaku menganut agama Katolik.

Jika dibandingkan dengan sebaran penganut agama atau kepercayaan lain di Lithuania, angka pemeluk Katolik ini jauh lebih besar, sehingga dianggap sebagai mayoritas.

2. Kristen Ortodoks


Berikutnya ada Kristen Ortodoks. Bagi negara-negara Eropa, sebaran pemeluk agama ini memang cukup banyak ditemui, tak terkecuali di Lithuania.

Meski tidak diketahui secara jumlahnya, namun penganut Kristen Ortodoks ini masuk kelompok agama yang jumlah pemeluknya kurang dari 5 %.

3. Agama Lain


Selain Katolik dan Kristen Ortodoks, masih ada sejumlah kepercayaan lain yang dipilih warga negara Lithuania. Hanya, memang jumlahnya mungkin terbilang kecil dan menjadi minoritas.

Di antaranya seperti Agama Tradisional, Lutheran, Yahudi, hingga Islam.

4. Tidak Terikat Agama


Terlepas dari deretan kepercayaan yang dipilih warga negara Lithuania, ternyata ada juga sebagian lain yang mengaku tidak terikat dengan agama apa pun. Tidak bisa dikatakan ateis atau tak percaya tuhan, mereka hanya memilih untuk tidak bergabung dengan ajaran tertentu.

Tak tanggung-tanggung, angkanya sendiri juga cukup besar. Tercatat, sekitar 6% warga Lithuania memilih tidak terikat dengan agama.

Demikian ulasan mengenai agama warga negara Lithuania dan persentasenya yang bisa diketahui.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0884 seconds (0.1#10.140)