WHO: Tidak Akan Ada 'Peluru Perak' untuk Kalahkan Covid-19

loading...
WHO: Tidak Akan Ada Peluru Perak untuk Kalahkan Covid-19
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak semua negara untuk secara ketat menegakkan langkah-langkah kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak sosial, mencuci tangan, dan pengujian. Foto/REUTERS
A+ A-
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, meskipun ada harapan kuat untuk vaksin, mungkin tidak akan pernah ada "peluru perak" untuk Covid-19. WHO juga mengatakan bahwa jalan menuju normalitas akan lama.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dan ketua kedaruratan WHO, Mike Ryan mendesak semua negara untuk secara ketat menegakkan langkah-langkah kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak sosial, mencuci tangan, dan pengujian.

(Baca juga: WHO Berharap Negara Buat Kebijakan Jangka Panjang Hadapi Covid-19)

"Pesan kepada orang-orang dan pemerintah jelas, yakni lakukan itu semua," ucap Tedros. Dia mengatakan bahwa masker wajah harus menjadi simbol solidaritas di seluruh dunia dalam melawan Covid-19.



"Sejumlah vaksin sekarang dalam uji klinis fase tiga dan kami semua berharap memiliki sejumlah vaksin efektif yang dapat membantu mencegah orang dari infeksi. Namun, saat ini tidak ada peluru perak dan mungkin tidak akan pernah ada," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Selasa (4/8/2020).

(Baca juga: Punya Labkesda PCR, Kapasitas Testing Covid-19 DKI Empat Kali Lipat dari Standar WHO)

Sementara itu, Ryan mengatakan negara-negara dengan tingkat penularan yang tinggi, termasuk Brazil dan India, perlu bersiap untuk pertempuran besar. "Jalan keluarnya panjang dan membutuhkan komitmen yang berkelanjutan," tukasnya.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top