Peringatan 40 Hari Kematian Prigozhin, Kenapa Loyalis Wagner Baru Kali Ini Menyebutnya sebagai Pahlawan?

Selasa, 03 Oktober 2023 - 20:05 WIB
loading...
Peringatan 40 Hari Kematian Prigozhin, Kenapa Loyalis Wagner Baru Kali Ini Menyebutnya sebagai Pahlawan?
Yevgeny Prigozhin tetap memiliki pendukung setia yang menyebutnya sebagai pahlawan. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Puluhan orang memberikan penghormatan di beberapa kota di Rusia pada tanggal penting berkabung di gereja Ortodoks Timur.

Puluhan warga Rusia mulai dari keluarga hingga mantan pejuang mengadakan upacara peringatan bagi ketua kelompok tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin untuk memperingati 40 hari kematiannya, dan memujinya sebagai pahlawan rakyat.

Prigozhin terbunuh ketika jet pribadinya jatuh dalam perjalanan dari Moskow ke St Petersburg pada tanggal 23 Agustus, dua bulan setelah ia memimpin pemberontakan yang gagal di Moskow.

Dua komandan tinggi Wagner lainnya, empat pengawal Prigozhin, dan tiga awak pesawat juga tewas dalam kecelakaan yang masih belum dapat dijelaskan.

Di makam pria berusia 62 tahun di St Petersburg, ibunya, Violetta, dan putranya, Pavel, meletakkan bunga. Para pendukung mengibarkan bendera hitam Wagner yang bergambar tengkorak dan semboyan “Darah, Kehormatan, Tanah Air, Keberanian”.

Di Gereja Ortodoks Timur, diyakini bahwa jiwa melakukan perjalanan terakhirnya ke surga atau neraka pada hari ke-40 setelah kematian.

Peringatan juga diadakan di Moskow dan kota-kota Rusia lainnya dengan puluhan pejuang Wagner dan warga Rusia biasa memberikan penghormatan.

Tidak ada liputan di televisi pemerintah Rusia atau penghormatan resmi apa pun.

Kenapa Prigozhin Layak Disebut sebagai Pahlawan? Berikut adalah 2 alasan kenapa Prigozhin Layak Disebut sebagai Pahlawan.

1. Patriot yang Membela Tanah Airnya

Peringatan 40 Hari Kematian Prigozhin, Kenapa Loyalis Wagner Baru Kali Ini Menyebutnya sebagai Pahlawan?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, pejuang Wagner telah memainkan peran penting dalam pertempuran di Ukraina, membantu Rusia merebut kota Bakhmut di bagian timur pada bulan Mei setelah berminggu-minggu pertempuran sengit. Wagner, yang pasukannya dipindahkan ke kamp-kamp di Belarusia sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan, juga aktif di sejumlah negara Afrika.

“Dia bisa dikritik karena kejadian tertentu, tapi dia adalah seorang patriot yang membela kepentingan tanah air di berbagai benua,” kata badan rekrutmen Wagner tentang Prigozhin dalam sebuah pernyataan di Telegram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)