Pentagon Peringatkan Kongres Dana untuk Mengganti Senjata Ukraina Hampir Habis

Selasa, 03 Oktober 2023 - 01:10 WIB
loading...
Pentagon Peringatkan Kongres Dana untuk Mengganti Senjata Ukraina Hampir Habis
Pentagon peringatkan Kongres dana untuk mengganti senjata Ukraina hampir habis. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon telah memperingatkan Kongres Amerika Serikat (AS) bahwa mereka kehabisan dana untuk mengganti senjata yang dikirim Washington ke Ukraina. Hal itu diungkapkan Pentagon dalam sebuah surat yang ditujukan kepada para pemimpin Kongres.

Dalam surat yang diperoleh The Associated Press, Pentagon mendesak Kongres untuk menambah dana buat Ukraina. Akhir pekan lalu, guna menghindari penutupan pemerintah (shutdown), Kongres AS meloloskan rancangan undang-undang pendanaan jangka pendek. RUU tersebut telah membatalkan semua bantuan untuk Ukraina dalam pertempuran melawan Rusia.

Pengawas Keuangan Pentagon Michael McCord mengatakan kepada para pemimpin DPR dan Senat bahwa ada sisa USD1,6 miliar dari USD25,9 miliar yang disediakan Kongres untuk mengisi kembali persediaan militer AS yang telah mengalir ke Ukraina.

Senjata-senjata tersebut mencakup jutaan butir artileri, roket, dan rudal yang penting bagi serangan balasan Ukraina yang bertujuan merebut kembali wilayah yang diperoleh Rusia dalam perang tersebut.

Selain itu, AS memiliki sisa sekitar USD5,4 miliar untuk menyediakan senjata dan peralatan dari persediaannya.



AS akan kehabisan dana jika Pentagon tidak menyadari pada awal tahun ini bahwa mereka telah menilai terlalu tinggi peralatan yang telah dikirim, sehingga menghasilkan sekitar USD6,2 miliar. Beberapa di antaranya telah dikirim dalam beberapa bulan terakhir.

McCord mengatakan AS telah kehabisan dana jangka panjang untuk Kiev melalui Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina, yang menyediakan uang untuk kontrak pembuatan senjata masa depan.

“Kami terpaksa memperlambat penambahan pasukan kami untuk melindungi diri dari ketidakpastian pendanaan di masa depan,” kata McCord dalam suratnya.

“Kegagalan untuk mengisi kembali layanan militer kita pada waktu yang tepat dapat membahayakan kesiapan militer kita,” imbuhnya seperti dikutip dari The Associated Press, Selasa (3/10/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)