AS Mulai Pertanyakan Alasan Teluk Isolasi Qatar

Rabu, 21 Juni 2017 - 17:16 WIB
AS Mulai Pertanyakan Alasan Teluk Isolasi Qatar
AS Mulai Pertanyakan Alasan Teluk Isolasi Qatar
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dilaporkan mulai mempertanyakan alasan sebenarnya negara Teluk mengisolasi Qatar.Pertanyaan ini mulai muncul karena sampai saat ini negara Teluk belum merilis rincian klaim yang mereka buat terhadap Qatar.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert mengatakan, semakin banyak waktu berlalu, pertanyaan akan semakin banyak diajukan tentang tindakan anti-Qatar yang diberlakukan oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan sekutu mereka.
"Pada titik ini, kita ditinggalkan dengan satu pertanyaan sederhana: Apakah tindakan benar-benar mengenai kekhawatiran mereka mengenai dukungan dugaan Qatar atas terorisme atau apakah mereka memiliki keluhan yang panjang antara negara-negara GCC," ucap Nauret, seperti dilansir Al Jazeera pada Rabu (21/6).
Sebelumnya, Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash menyatakan, UEA dan sejumlah negara Teluk lainnya saat ini sedang membuat apa yang ia sebut sebagai daftar keluhan kepada Qatar. Daftar ini akan menjadi dasar tuntutan kepada Qatar jika ingin hubungan antara Doha dan negara Teluk membaik.
Hal serupa juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir. Dia menuturkan, pihaknya masih menyusun daftar keluhan kepada Qatar dan syarat-syarat yang akan diajukan untuk memperbaiki hubungan kepada Qatar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3704 seconds (0.1#10.140)