Mengenal AIS Forum dan Daftar 51 Negara Anggotanya

Senin, 02 Oktober 2023 - 14:26 WIB
loading...
Mengenal AIS Forum dan Daftar 51 Negara Anggotanya
Archipelagic and Island States (AIS) Forum akan menggelar pertemuan tingkat tinggi pada 11 Oktober 2023 di Bali, Indonesia. Foto/AIS Forum
A A A
JAKARTA - Archipelagic and Island States (AIS) Forum akan menggelar pertemuan tingkat tinggi pada 11 Oktober 2023 di Bali, Indonesia.

AIS Forum merupakan forum yang dirancang untuk mencakup negara kepulauan tanpa memandang luas wilayah dan tingkat pembangunannya.

Sebanyak 51 negara menjadi anggota forum ini. Meski demikian, tidak semua kepala negara dapat hadir dalam pertemuan tinggi di Bali mendatang.

AIS Forum dan 51 Negara Anggotanya

Apa Itu AIS Forum?


Menurut situs resminya, Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah platform yang dirancang untuk mencakup negara kepulauan tanpa memandang wilayah, ukuran, dan tingkat pembangunannya.

Inisiatif global yang mempertemukan 51 negara kepulauan ini untuk mengambil bagian dalam forum kolektif guna mengatasi tantangan pemanfaatan sumber daya laut untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, ketahanan terhadap perubahan iklim, polusi laut, manajemen darurat, dan peningkatan perikanan berkelanjutan.

Fokus AIS Forum


Melalui penerimaan Deklarasi Bersama Manado, para delegasi negara kepulauan sepakat untuk memperkuat komitmen guna menjadi bagian dari aksi kolaboratif untuk mengatasi tantangan bersama.

Deklarasi ini berfokus pada empat bidang kolaboratif, yaitu: mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, sampah plastik laut, dan tata kelola maritim yang baik.

Bidang Kerja Sama AIS Forum


Forum ini menciptakan pengelompokan negara-negara yang unik, mengambil bagian dalam forum kolektif untuk mengatasi tantangan bersama yang mengancam penghidupan penduduk pulau.

Forum AIS menyambut baik kolaborasi dengan platform dan organisasi lain yang akan memperkaya dan memperluas perspektif forum. Terbuka juga untuk menjalin kerja sama segitiga dengan calon negara atau pemangku kepentingan untuk mencapai berbagai tujuan global, termasuk SDGs 2030.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)