Inggris: Mendukung Ukraina Sulit dan Menyakitkan

Minggu, 01 Oktober 2023 - 13:26 WIB
loading...
Inggris: Mendukung Ukraina Sulit dan Menyakitkan
Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengakui bahwa mendukung Ukraina adalah hal yang sulit dan menyakitkan. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengakui bahwa mendukung Ukraina adalah hal yang sulit dan menyakitkan. Namun, ia memperingatkan sekutu-sekutu NATO London agar tidak ragu-ragu dengan menyatakan bahwa meninggalkan Kiev sekarang akan menyebabkan masalah yang lebih besar.

Dalam sebuah wawancara dengan outlet media The House pada hari Sabtu, Cleverly diminta untuk mengomentari meningkatnya sentimen anti-Ukraina di beberapa negara Barat. Dia mengakui bahwa membantu Kiev adalah hal yang sulit dan menyakitkan, mengingat konflik tersebut secara umum memberikan tekanan pada negara-negara di seluruh dunia.

"Namun, jika kita tidak tetap memberikan dukungan kepada Ukraina, jika kita mengirimkan sinyal bahwa agresor bisa makmur, maka semua masalah yang kita hadapi saat ini akan menjadi lebih buruk," tegas Cleverly seperti dikutip dari RT, Minggu (1/10/2023).

Dia mendesak sekutu-sekutu Barat untuk mengatasi kelelahan, yang telah menjadi hal besar.

Mengomentari janji berulang-ulang mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mengakhiri permusuhan antara Ukraina dan Rusia dalam waktu 24 jam, Cleverly mengatakan bahwa politisi Partai Republik itu melakukan beberapa hal yang sangat mengejutkan dan positif sehubungan dengan hubungan internasional selama masa jabatan pertamanya di Gedung Putih.



Menteri Inggris itu secara khusus menyebutkan Abraham Accords, yang membuka jalan bagi normalisasi hubungan antara Israel dan negara-negara Arab.

Cleverly menambahkan bahwa meskipun ia akan senang jika Trump berhasil mengamankan perdamaian yang adil dengan cepat, hal ini bukanlah sesuatu yang diharapkan oleh London.

Dalam sebuah wawancara TV pada hari Jumat, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Aleksey Danilov menyesalkan bahwa negara-negara Barat yang mendukung Ukraina tidak menjelaskan apakah mereka akan mendukung Kiev sampai mereka memenangkan konflik atau hanya untuk jangka waktu terbatas.

“Tidak ada yang bisa menjawab dengan jelas apa arti kemenangan kami,” klaimnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)