Terus Mengalami Kemunduran, NATO Tak Bisa Memprediksi Kapan Ukraina Menang Melawan Rusia

Sabtu, 30 September 2023 - 04:04 WIB
loading...
Terus Mengalami Kemunduran, NATO Tak Bisa Memprediksi Kapan Ukraina Menang Melawan Rusia
NATO tidak bisa memprediksi kapan Ukraina bisa menang melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Negara-negara Barat dan NATO tidak memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang akan terjadi jika Ukraina menang. Hal itu diungkapkan Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Aleksey Danilov.

Danilov mencatat bahwa AS dan sekutunya telah berulang kali menyatakan bahwa mereka akan mendukung Kiev “selama diperlukan.” Namun, kepala keamanan mengatakan bahwa pendukung Barat tidak pernah menyebutkan secara spesifik bahwa hal ini akan terjadi sampai Ukraina menang.

“Tidak ada yang bisa menjawab dengan jelas apa arti kemenangan kami. Mereka memberi tahu kami: Kami akan mendukung Anda sampai… dan kemudian saya belum pernah mendengar mereka mengucapkan kata ‘kemenangan’. Mereka berkata, ‘Sampai Anda memilih untuk mengambil keputusan sendiri.’”

Danilov menekankan bahwa Kiev perlu mengetahui apakah Barat akan mendukung Ukraina sampai negara tersebut memenangkan konflik atau apakah dukungannya akan berakhir setelah jangka waktu tertentu.



Komentar kepala keamanan tersebut muncul setelah Menteri Keuangan Ukraina Sergey Marchenko mengakui bahwa jumlah orang yang bersedia memberikan uang kepada Kiev “semakin kecil dan semakin kecil” dan bahwa “ada banyak pertanyaan mengenai seberapa besar pembayar pajak di negara-negara tersebut bersedia membiayai kami.”

Sebelumnya, Marchenko melaporkan bahwa defisit bulanan pemerintah adalah sekitar USD5 miliar, dengan anggaran menerima dua pertiga dananya dari pinjaman dan hibah luar negeri.

Sementara itu, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby minggu ini menyatakan bahwa Pentagon hanya dapat mendukung Kiev selama “beberapa minggu” jika Kongres gagal meloloskan rancangan undang-undang pendanaan yang baru.

Komentar ini muncul setelah beberapa anggota parlemen dari Partai Republik menentang permintaan Presiden Joe Biden untuk memberikan tambahan USD24 miliar untuk Ukraina dan mengancam akan menutup pemerintahan kecuali dana untuk Kiev dihapuskan dari rancangan undang-undang pendanaan pemerintah yang terbaru.

“Jika para pemimpin bersikeras untuk mendanai pemerintahan negara lain dengan mengorbankan pemerintah kita sendiri, semua kesalahan terletak pada sikap keras kepala mereka,” kata Senator Kentucky Rand Paul, salah satu pemimpin Partai Republik yang menentang RUU tersebut.

Namun demikian, Dewan Perwakilan Rakyat AS, majelis rendah Kongres AS, berhasil menyetujui bantuan baru senilai USD300 juta ke Ukraina pada hari Kamis meskipun lebih dari separuh anggota Partai Republik menentang langkah tersebut.

Awal bulan ini, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengatakan kepada The Economist bahwa dia “merasakan” melemahnya dukungan dari para pemimpin Barat. Dia memperingatkan bahwa kegagalan mendukung Ukraina sama dengan memihak Rusia.

Pemimpin Ukraina tersebut memperingatkan pemerintah negara-negara Barat bahwa mereka bisa kalah dalam pemilu dan menghadapi masalah dari para pengungsi Ukraina yang marah jika mereka tidak mempertahankan bantuan mereka ke Kiev.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)