UE Tak Masalah Jika Inggris Memutuskan untuk Tinggal

Rabu, 14 Juni 2017 - 18:41 WIB
UE Tak Masalah Jika Inggris Memutuskan untuk Tinggal
UE Tak Masalah Jika Inggris Memutuskan untuk Tinggal
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) menyatakan siap menyambut Inggris jika mereka akhirnya mengubah pikiran dan memutuskan untuk tetap bersama dengan UE. Namun, UE menyebut Inggris harus siap kehilangan semua hak mereka di UE, jika akhirnya memutuskan untuk tinggal.
Berdasarkan kesepakatan antara Inggris dan UE pada tahun 1980-an, Inggris hanya membayar separuh dari kontribusi anggaran kepada UE. Inggris juga menikmati banyak pilihan dari peraturan UE, termasuk dari tidak bergabung dengan zona euro.
"Kemarin, Emmanuel Macron, Presiden Prancis yang baru, berbicara tentang sebuah pintu terbuka. Jika Inggris mengubah pikirannya, itu akan menemukan pintu yang terbuka," kata koordinator Brexit di Parlemen Eropa, Guy Verhofstadt.
"Saya setuju, tapi seperti Alice in Wonderland, tidak semua pintu itu sama, pintu baru, dengan Eropa baru, Eropa tanpa potongan harga, tanpa kerumitan, dengan kekuatan nyata dan persatuan," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Rabu (14/6).
Verhofstadt, yang merupakan mantan Perdana Menteri Belgia adalah pendukung integrasi yang jauh lebih dekat mengenai pemerintah nasional yang memberikan lebih banyak kekuasaan ke Brussels. Dia juga merupakan pengkritik utama hak khusus Inggris di UE.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4537 seconds (0.1#10.140)