Armada AL Rusia Laut Hitam Terus Lancarkan Serangan Balas Dendam setelah Komandan Utamanya Tewas

Selasa, 26 September 2023 - 09:06 WIB
loading...
Armada AL Rusia Laut Hitam Terus Lancarkan Serangan Balas Dendam setelah Komandan Utamanya Tewas
Komanda utama Armada Laut Hitam Rusia Viktor Sokolov dikabarkan tewas dalam serangan yang dilancarkan Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kapal-kapal Rusia masih melancarkan serangan terhadap Ukraina menyusul dugaan kematian komandan Armada Laut Hitam Rusia.

"Namun serangan-serangan tersebut dilancarkan secara inersia,” kata Dmytro Pletenchuk, juru bicara Angkatan Laut Ukraina, dilansir CNN.

Pletenchuk ditanyai tentang komentar yang dibuat oleh pihak berwenang Ukraina pada Senin pagi, yang mengklaim bahwa Laksamana Viktor Sokolov, serta 33 perwira lainnya dan lebih dari 100 prajurit, tewas dalam serangan hari Jumat di Sevastopol.

Pletenchuk mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak mengendalikan pengoperasian kapal-kapal di laut dan bergantung pada laksamananya yang mengetahui sarana dan kekuatan mereka, personel, cara mengelolanya, cara mengerahkan kapal dengan lebih baik. "Dan mereka juga dapat menjaga segala sesuatunya dari dia [Putin], bukan melaporkan isu-isu tertentu," ungkapnya.



Dia kemudian menyatakan, pada saat ini, Angkatan Laut Rusia kehilangan orang yang sebenarnya mengelola semua ini, dan stafnya, yang mengelola armada bersama dengannya. "Ini adalah pengelompokan besar yang memerlukan banyak komandan untuk mengelolanya. menjalankan semua proses agar (armada) berfungsi sebagai satu mekanisme. Bayangkan bagian inti dari mekanisme ini tidak dapat dioperasikan," ungkapkan.

Pletenchuk melanjutkan dengan mengatakan bahwa "ya, tadi malam mereka (mengacu pada kapal-kapal Rusia di Laut Hitam) masih melancarkan serangan secara inersia" namun ia membandingkan operasi tersebut dengan "seekor ayam berlarian tanpa kepala."

Oleh karena itu, hingga saat ini, mereka (Angkatan Laut Rusia) akan menghadapi kendala masing-masing dalam penguasaan pasukannya, ”ujarnya.

Sebelumnya pada hari Senin, Pasukan Operasi Khusus Ukraina mengatakan Sokolov telah terbunuh di Sevastopol pada hari Jumat, yang mungkin merupakan serangan paling berani oleh pasukan Ukraina di Krimea sejauh ini.

“Dihilangkan dalam serangan terhadap markas besar Komandan Armada Laut Hitam Rusia Laksamana Sokolov di Sevastopol,” kata Kolonel Vladislav Nazarov, juru bicara Komando Operasional “Selatan”.

CNN tidak dapat secara independen mengkonfirmasi klaim Ukraina mengenai Sokolov dan korban lainnya di Sevastopol. CNN telah menghubungi Kementerian Pertahanan Rusia untuk memberikan komentar tetapi hingga berita ini ditulis, belum menerima tanggapan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)