3 Alasan Jepang Ingin Membantu Taiwan Melawan China

Senin, 25 September 2023 - 16:42 WIB
loading...
3 Alasan Jepang Ingin Membantu Taiwan Melawan China
Jepang memiliki komitmen untuk membantu Taiwan karena Tokyo merupakan aliansi AS. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki pengaruh cukup besar di dunia. Melihat berbagai sektornya, mereka juga mempunyai kekuatan militer yang tak bisa diremehkan.

Belakangan, Jepang telah menjadi perhatian khusus bagi China karena dianggap sering campur tangan perihal persoalannya dengan Taiwan. Beijing bahkan telah berulang kali mengancam Tokyo untuk segera menghentikan tindakannya membantu Taiwan.

Mengutip laman DailyMail, Senin (25/9/2023), invasi China ke Taiwan mungkin akan mendorong keterlibatan Jepang. Menteri Pertahanan Ino Toshiro menyebut negaranya bisa saja membantu Taiwan jika masyarakat dunia menginginkan hal tersebut.

Melihat sejarahnya, Jepang dan China memang memiliki hubungan yang tidak harmonis. Lebih dari itu, ternyata konflik di antaranya keduanya ini turut terbawa ke persoalan lain, termasuk perihal Taiwan.

Jepang menjadi negara lain setelah Amerika Serikat yang cukup gencar mendukung Taiwan dalam konfliknya bersama China. Mengesampingkan riwayat sejarahnya, lantas tujuan apa yang diinginkan Tokyo dalam hal ini?

Alasan Jepang Campur Tangan Membantu Taiwan Lawan China

1. Pertimbangan Keamanan Nasional

Terlepas dari rivalitas Jepang dan China sebagai negara berpengaruh di dunia, keduanya saling menganggap satu sama lain berpotensi menjadi ancaman keamanan. Pada sisi Jepang, invasi Rusia ke Ukraina telah memicu kekhawatiran tentang kemungkinan pecahnya konflik China-Taiwan.

Tak hanya itu, Jepang juga khawatir dengan kebijakan persenjataan yang agresif China di bawah rezim Xi Jinping. Menteri Pertahanan Jepang Ino Toshiro menganggap China sebagai ancaman dengan peningkatan anggaran militer dan pergerakannya di zona maritim.


2. Pentingnya Jalur dari Laut China Selatan

Pada salah satu sektornya, Jepang cukup bergantung pada jalur air dari Laut China Selatan melalui perairan sekitat Taiwan. Mengutip The Epoch Times, Tokyo membutuhkan jalur tersebut untuk mendapatkan pasokan minyak mentah gas alamnya dalam jumlah besar.

Tak hanya itu, ekspornya ke Eropa juga cukup bergantung pada jalur tersebut. Hal ini menjadi salah satu alasan para pengamat percaya Jepang juga berpotensi ikut bermasalah ketika Taiwan diserang China.

3. Keberadaan PKT

Seorang peneliti di Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional Taiwan, Su Tzu-yun menyebut alasan lain Jepang akan membantu Taiwan adalah karena ancaman Partai Komunis China (PKT).

PKT memiliki kedudukan yang kuat di China. Dalam hal ini, ada anggapan bahwa mereka berpotensi menjadi ancaman nyata bagi perdamaian dunia.

Alasannya karena PKT cukup terobsesi dengan ekspansi militer. Mereka mendasarkan tindakan tersebut sebagai cara paling aman untuk menjaga keamanan nasional.

Itulah beberapa alasan yang memungkinkan Jepang campur tangan membantu Taiwan melawan China.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)