Mattis: Perang dengan Korut Akan Berbahaya bagi Rusia dan China

Senin, 29 Mei 2017 - 05:14 WIB
Mattis: Perang dengan Korut Akan Berbahaya bagi Rusia dan China
Mattis: Perang dengan Korut Akan Berbahaya bagi Rusia dan China
A A A
WASHINGTON - Sebuah perang dengan Korea Utara (Korut) akan menjadi yang terburuk dalam kehidupan banyak orang. Begitu pernyataan yang dilontarkan oleh Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Jim Mattis.

Mattis mengatakan sebuah kemungkinan kegagalan diplomatik dan diikuti oleh perang dengan Korut akan menjadi bencana. Perang dengan Korut merupakan ancaman bagi banyak negara, termasuk Rusia.

"Rezim Korut merupakan ancaman bagi wilayah ini, ke Jepang, ke Korea Selatan (Korsel), dan jika terjadi perang, mereka juga akan membawa bahaya ke China dan Rusia," kata Mattis dalam sebuah wawancara dengan CBS News.

"Namun, intinya ini akan menjadi bencana perang jika ini berubah menjadi pertempuran di mana kita tidak menyelesaikan situasi ini melalui cara diplomatik," imbuhnya seperti dikutip dari Sputniknews, Senin (29/5/2017).

Mattis menambahkan bahwa kemungkinan konflik bersenjata dengan Korut akan menjadi yang terburuk dalam masa hidup kebanyakan orang. Pasalnya, adalah fakta jika Korut memiliki ratusan meriam artileri dan peluncur roket dengan jarak tembak hingg wilayah ibu kota Korsel, Seoul.

Ketegangan seputar kegiatan Korut dengan senjata nuklir dan non-nuklir telah meningkat drastis dalam beberapa bulan terakhir, setelah Pyongyang melakukan sejumlah uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3134 seconds (0.1#10.140)