Turki Perintahkan Penangkapan 85 Staf Kementerian

Selasa, 16 Mei 2017 - 16:20 WIB
Turki Perintahkan Penangkapan 85 Staf Kementerian
Turki Perintahkan Penangkapan 85 Staf Kementerian
A A A
ANKARA - Turki memerintahkan penangkapan 85 staf dinas energi dan pendidikan dalam sebuah penyelidikan yang menargetkan jaringan Fethullah Gulen. Gulen adalah ulama berbasis di Amerika Serikat (AS), yang dituding mendalangi percobaan kudeta pada Juli lalu.

Sekitar 50 ribu orang telah ditangkap secara formal dalam kasus pengadilan yang menargetkan pendukung Gulen. Presiden Tayyip Erdogan, yang bertemu dengan rekannya dari AS Donald Trump di Washington pada hari Selasa, sedang mencari cara untuk mengekstradisi Gulen seperti dikutip dari Reuters, Selasa (16/5/2017).

Tidak ada yang mengetahui rincian dari surat perintang penangkapan itu. Terakhir, pengadilan mengeluarkan surat penangkapan untuk editor kantor berita oposisi Cumhuriyet dengan tuduhan menyebarkan propaganda teroris.

Editor Oguz Guven bergabung dengan selusin jurnalis Cumhuriyet yang sudah berada di penjara yang menghadapi hukuman penjara hingga 43 tahun. Mereka dituduh mendukung jaringan Gulen.

Penahanan massal pada awalnya didukung oleh banyak orang Turki setelah kudeta yang gagal pada Juli lalu. Saat itu, sejumlah tentara yang "nakal" menguasai pesawat tempur untuk membom parlemen dan menggunakan tank untuk membunuh sekitar 240 orang.

Namun kritik telah meningkat saat penangkapan tersebut melebar. Aksi penangkapan menyeret kerabat dari banyak orang yang ditahan atau dipecat karena menyangkal keterlibatan mereka dalam kudeta tersebut. Para korban pun disebut sebagai korban pembersihan.

Sekitar 150 ribu orang, terutama pegawai negeri sipil, petugas keamanan dan akademisi telah diskors atau dipecat sebagai bagian dari tindakan keras terkait.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3968 seconds (0.1#10.140)