Zelensky: Kita Harus Bersatu untuk Mengalahkan Rusia

Rabu, 20 September 2023 - 04:14 WIB
loading...
Zelensky: Kita Harus Bersatu untuk Mengalahkan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dunia harus bersatu untuk mengalahkan agresi Rusia di Ukraina. Foto/CNN
A A A
NEW YORK - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dunia harus bersatu untuk mengalahkan agresi Rusia di Ukraina.

“Kita harus menghentikannya. Kita harus bertindak bersatu untuk mengalahkan agresor dan memfokuskan seluruh kemampuan dan energi kita untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Ketika nuklir dikekang, maka agresor juga harus dikekang,” kata Zelensky saat berpidato di Majelis Umum PBB seperti dikutip dari CNN, Rabu (20/9/2023).

Zelensky memperingatkan para pemimpin global di Majelis Umum PBB bahwa tujuan invasi Rusia bukan hanya tentang Ukraina.

Pertama, ia mencontohkan blokade Rusia terhadap pelabuhan-pelabuhan di Laut Hitam yang menyulitkan Ukraina mengirimkan biji-bijian pangannya, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai kenaikan harga pangan yang berkontribusi terhadap kelaparan global.

“Sudah jelas – upaya Rusia untuk mempersenjatai kekurangan pangan di pasar global dengan imbalan pengakuan atas sebagian, jika tidak seluruh, wilayah yang direbut,” jelas Zelensky.

“Rusia menjadikan harga pangan sebagai senjata. Dampaknya mencakup pantai Atlantik Afrika hingga Asia Tenggara. Dan ini merupakan skala ancaman,” imbuhnya.



Kemudian, Zelensky menunjuk pada upaya Rusia untuk memblokir pasokan gas dan minyak ke negara-negara Eropa yang bergantung padanya, dan menyebutnya sebagai “persenjataan energi.”

“Kremlin mempersenjatai minyak dan gas untuk melemahkan para pemimpin negara lain,” ujarnya.

“Sekarang, ancaman ini bahkan lebih besar,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)