Jerman Larang Kelompok Neo Nazi Hammerskins

Rabu, 20 September 2023 - 01:30 WIB
loading...
Jerman Larang Kelompok Neo Nazi Hammerskins
Jerman larang kelompok neo Nazi yang berbasis di AS, Hammerskins, setelah melakukan penangkapan terhadap sejumlah anggotanya. Foto/San Diego Union-Tribune
A A A
BERLIN - Jerman melarang Hammerskins, sebuah kelompok neo-Nazi yang terkenal karena perannya dalam mengorganisir konser sayap kanan dan menjual musik rasis.

"Langkah tersebut memberikan sinyal yang jelas terhadap rasisme dan antisemitisme," kata Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser seperti dikutip dari BBC, Rabu (20/9/2023).

Sebelumnya, pihak berwenang Jerman menggerebek kediaman 28 anggota terkemuka kelompok tersebut di seluruh negeri.

Hammerskins, yang didirikan di Amerika Serikat (AS) pada akhir tahun 1980an, diperkirakan memiliki sekitar 130 anggota di Jerman.

Pihak berwenang Jerman menggambarkan larangan tersebut sebagai pukulan keras terhadap ekstremisme sayap kanan yang terorganisir dan mengatakan bahwa larangan tersebut mengakhiri tindakan tidak manusiawi dari asosiasi neo-Nazi yang aktif secara internasional.

“Ekstremisme sayap kanan masih menjadi ancaman ekstremis terbesar terhadap demokrasi kita. Itu sebabnya kami terus bertindak tegas,” ujar Faeser.

Dikatakan oleh Faeser tujuan utama kelompok skinhead adalah menggunakan konser untuk menyebarkan ideologi sayap kanannya.



Hammerskins banyak terlibat dalam pendirian label musik neo-Nazi, penjualan rekaman antisemit, dan pengorganisasian acara musik rahasia.

Kelompok ini, misalnya, telah dikaitkan dengan sebuah tempat bernama Hate Bar di negara bagian Saarland, Jerman barat, tempat polisi melakukan penangkapan karena menampilkan simbol-simbol terlarang selama konser sayap kanan pada bulan April tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)