Daftar Tahanan AS dan Iran yang Dibebaskan dalam Pertukaran, Total 10 Orang

Selasa, 19 September 2023 - 13:45 WIB
loading...
Daftar Tahanan AS dan Iran yang Dibebaskan dalam Pertukaran, Total 10 Orang
Siamak Namazi dan Morad Tahbaz yang dibebaskan selama kesepakatan pertukaran tahanan antara AS dan Iran, tiba di Bandara Internasional Doha pada Senin (18/9/2023). Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Tahanan Amerika Serikat (AS) dan Iran yang dibebaskan dalam pertukaran telah bertahun-tahun dipenjara.

Mereka semua akhirnya bisa pulang ke negara masing-masing setelah kesepakatan pertukaran tahanan dan pencairan dana sebesar USD6 miliar atau Rp92 triliun disetujui kedua belah pihak.

Hubungan antara AS dan Iran memang tidaklah akur selama lebih dari 40 tahun. Itu diperburuk setelah Donald Trump pada tahun 2018 mengingkari kesepakatan untuk mengekang program nuklir Iran dan menerapkan kembali sanksi AS.

Ada lima tahanan Iran yang berada di AS, begitu juga sebaliknya. Dilansir dari laman AlJazeera, Gedung Putih telah menyebutkan tiga tahanan, yang dibebaskan menjadi tahanan rumah sebelum pertukaran, sebagai Siamak Namazi, Emad Sharghi dan Morad Tahbaz.

Sedangkan untuk dua orang lainnya masih menyembunyikan identitasnya. Namun beberapa media AS menyebutkan bahwa salah satu diantaranya adalah wanita.

Tahanan AS dan Iran yang Dibebaskan

1. Emad Sharghi


Pengusaha keturunan Iran-Amerika berusia 59 tahun ini pertama kali ditangkap pada tahun 2018 ketika bekerja untuk Saravan Holding, perusahaan investasi teknologi.

Emad sempat dibebaskan dengan jaminan setelah delapan bulan dipenjara dan Pengadilan Iran membebaskannya dari tuduhan mata-mata dan terkait keamanan, namun larangan perjalanannya tetap ada.

Pada November 2020, dia dipanggil oleh Pengadilan lainnya yang menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara atas tuduhan spionase.

Emad awalnya tidak dipenjara tetapi media Iran melaporkan dia ditangkap ketika mencoba melarikan diri dari Iran pada Januari 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)