Presiden Baru Korsel Ingin Sambangi Pyongyang

Rabu, 10 Mei 2017 - 16:18 WIB
Presiden Baru Korsel Ingin Sambangi Pyongyang
Presiden Baru Korsel Ingin Sambangi Pyongyang
A A A
SEOUL - Presiden baru Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in menyatakan kesiapan untuk melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut). Ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dengan negara tetangga Korsel tersebut.
Berbicara paska mengambil sumpah jabatan sebagai Presiden Korsel, Jae-in mengatakan, ia akan melakukan kunjungan ke Pyongyang, jika kondisinya memadai untuk dia bepergian ke ibukota Korut itu.
"Jika perlu, saya akan segera berkunjung ke Washington. Saya juga siap untuk mengunjungi Pyongyang jika memungkinkan," kata Jae-in dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (10/5).
Sebelumnya pada hari itu, Komisi Pemilihan Nasional (NEC) Korsel mengatakan, Jae-in menjadi presiden baru negara setelah mendapatkan 41,1 persen suara dalam pemilihan Presiden yang berlangsung kemarin.
Sebanyak 13 kandidat ikut ambil bagian dalam pilpres tersebut. Moon Jae-in yang berasal Partai Demokrat Liberal Korea dianggap sebagai salah satu dari dua saingan utama bersama dengan dan Ahn Cheol-soo dari Partai Rakyat kiri-tengah.
Pemungutan suara berlangsung kurang dari dua bulan setelah Presiden Park Geun-hye digulingkan menyusul skandal korupsi yang juga menyeret dirinya. Jae-in akan mulai bekerja sebagai Presiden Korsel pada hari ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5389 seconds (0.1#10.140)