Lavrov: Rencana Perdamaian Zelensky Bertujuan Kalahkan Rusia Secara Strategis

Sabtu, 16 September 2023 - 00:01 WIB
loading...
Lavrov: Rencana Perdamaian Zelensky Bertujuan Kalahkan Rusia Secara Strategis
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov mengkritik rencana perdamaian yang diusulkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Lavrov menyatakan ini adalah upaya strategis mengalahkan Rusia dan membujuk negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin agar sejalan dengan gagasan ini.

“Kita selalu diberitahu negara-negara Barat bahwa satu-satunya dasar untuk negosiasi adalah formula Zelensky… Ini dimulai dengan… ketahanan pangan, ketahanan energi, keamanan fisik fasilitas nuklir, isu-isu kemanusiaan,” ujar dia pada Jumat (15/9/2023).

Lavrov menjelaskan, “Dan kemudian formula ini bergerak ke tujuan itu dibuat, kekalahan strategis Rusia untuk memulihkan perbatasan Ukraina pada tahun 1991, untuk menempatkan kepemimpinan Rusia di bawah pengadilan, untuk membuat Rusia membayar ganti rugi.”

Dia menjelaskan hal itu pada pertemuan meja bundar mengenai permukiman Ukraina di Moskow.

Menurut diplomat terkemuka Rusia tersebut, negara-negara Barat telah berusaha mendapatkan dukungan dari “negara-negara mayoritas global,” termasuk negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin, untuk mendukung skema ini.

Mereka menggambarkan pendekatan ini tidak lain sebagai penipuan yang terang-terangan.

Zelensky mengatakan pada musim gugur tahun 2022 bahwa Kiev memiliki rencana perdamaiannya sendiri untuk mengakhiri konflik yang sedang berlangsung dan pada saat yang sama menandatangani undang-undang yang melarang pembicaraan damai dengan Rusia.

Moskow berulang kali menekankan mereka terbuka untuk negosiasi yang menghormati kepentingan rakyat Rusia dan mengakui “realitas teritorial baru”.

Pejabat Kremlin juga mengatakan Kiev tampaknya tidak tertarik untuk merundingkan solusi atas krisis saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)