Melonjak, Korban Tewas Banjir Libya Capai Lebih dari 5.000 Orang

Rabu, 13 September 2023 - 16:17 WIB
loading...
Melonjak, Korban Tewas Banjir Libya Capai Lebih dari 5.000 Orang
Korban tewas banjir di Libya melonjak hingga lebih dari 5.000 orang. Foto/ALI M. BOMHADI/via REUTERS
A A A
DERNA - Pencarian terhadap ribuan orang yang hoolang setelah bencana banjir di kota Derna, Libya , memasuki hari ke tiga pada Rabu (13/9/2023). Ribuan orang dipastikan tewas dan jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah.

Banjir melanda Derna setelah dihantam badai dahsyat yang menghancurkan bendungan di dekatnya, melepaskan aliran air yang menghancurkan seperempat wilayah atau lebih kota di Mediterania itu. Banjir juga menghanyutkan bangunan beserta penghuninya.

Para pejabat di Libya timur mengatakan jumlah korban tewas sejauh ini mencapai lebih dari 5.000 orang. Seorang direktur rumah sakit di kota tersebut mengatakan kepada Reuters pada hari Senin bahwa 1.700 jenazah telah dihitung di rumah sakitnya, dan 500 lainnya telah dikuburkan di bagian lain kota tersebut.

Sekitar 10.000 orang diperkirakan hilang. Banyak yang diyakini tersapu ke laut seperti dilansir dari Reuters.



Wartawan Reuters yang mengunjungi Derna pada hari Selasa melihat banyak mayat tergeletak di koridor rumah sakit dan orang-orang berusaha mengidentifikasi kerabat mereka yang hilang karena semakin banyak korban tewas yang dibawa masuk.

Salah satu warga Derna, Mustafa Salem, mengatakan kepada Reuters bahwa sejauh ini dia telah kehilangan 30 anggota keluarganya.

Konvoi bantuan dan truk yang membawa buldoser telah menuju kota itu pada hari Rabu.

Banjir menyebabkan kerusakan besar, membuat mobil terbalik dan hancur serta membuat jalan-jalan Derna tertutup puing-puing, lumpur, dan reruntuhan.

Foto-foto satelit kota tersebut sebelum dan sesudah bencana menunjukkan bahwa jalur air yang tadinya relatif sempit melalui pusat kota kini menjadi beberapa kali lebih lebar, dan semua bangunan yang berada di sepanjang jalur tersebut telah hilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)