PM Kanada yang Terdampar 2 Hari di India Akhirnya Bisa Terbang

Selasa, 12 September 2023 - 23:19 WIB
loading...
PM Kanada yang Terdampar 2 Hari di India Akhirnya Bisa Terbang
PM Kanada Justin Trudeau terdampar 2 hari di India karena pesawatnya mengalami kerusakan. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah meninggalkan India setelah ada masalah dengan pesawatnya sehingga memperpanjang kunjungan uji coba ke ibu kota India selama dua hari.

Dia seharusnya terbang pada Minggu setelah KTT G20 berakhir tetapi masalah mekanis yang memalukan membuat dia tidak dapat terbang.

Para penentang di dalam negeri dan pengguna media sosial India mengejeknya atas penundaan tersebut, yang terjadi setelah Trudeau mengadakan pertemuan yang menegangkan dengan PM India Narendra Modi.

Hubungan Kanada-India semakin tegang dalam beberapa bulan terakhir.

"Kunjungan Trudeau tidak memperbaiki hubungan dingin yang telah ia kembangkan dengan India," lapor India Today pada hari Selasa.

Beberapa hari sebelum dia terbang ke Delhi, Trudeau tiba-tiba mengatakan negaranya menghentikan pembicaraan mengenai perjanjian perdagangan antara kedua negara.

Protes yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Sikh di Kanada telah menjadi pemicu utama ketegangan ini. India prihatin dengan aktivitas separatis Sikh - India menyangkal terlibat dalam pembunuhan seorang aktivis terkemuka kemerdekaan Sikh di British Columbia pada bulan Juni.



Dalam pertemuan hari Minggu dengan Trudeau, Modi menyampaikan kekhawatirannya mengenai "berlanjutnya aktivitas elemen ekstremis anti-India di Kanada" dan mengatakan bahwa mereka mempromosikan pemisahan diri dan menghasut kekerasan.

Sementara itu, Trudeau mengatakan perdana menteri Kanada telah "meningkatkan pentingnya menghormati supremasi hukum, prinsip-prinsip demokrasi, dan kedaulatan nasional".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)