Wanita Israel yang Diculik Hizbullah di Irak Diklaim sebagai Mata-mata Mossad

Selasa, 12 September 2023 - 12:23 WIB
loading...
Wanita Israel yang Diculik Hizbullah di Irak Diklaim sebagai Mata-mata Mossad
Elizabeth Tsurkov, peneliti Rusia-Israel yang diculik Hizbullah di Irak sejak Maret lalu diklaim sebagai mata-mata Mossad. Foto/Electronic Intifada
A A A
TEL AVIV - Peneliti Rusia-Israel, Elizabeth Tsurkov, yang diculik Hizbullah di Irak sejak Maret lalu adalah mata-mata Mossad. Klaim ini disampaikan dua tokoh Inggris; sosiolog David Miller dan mantan anggota Parlemen Chris Williamson.

Tsurkov, wanita yang sedang melakukan penelitian di Irak atas nama Universitas Princeton, diculik oleh Hizbullah pada bulan Maret. Israel menyangkal bahwa pria itu bekerja untuk Mossad—badan intelijen Israel untuk operasi asing.

“Tahukah Anda ayah Elizabeth Tsurkov, orang Rusia-Israel yang hilang di Irak, adalah bagian dari rencana intelijen Israel di Uni Soviet untuk merekrut pemukim ke Palestina?” tulis David Miller di media sosial X, Senin, yang dilansir Jerusalem Post, Selasa (12/9/2023).



Miller juga membagikan artikel yang ditulisnya untuk media Iran yang mengeklaim bahwa wanita itu pernah menjadi anggota intelijen militer saat berada di pasukan Israel selama perang Lebanon tahun 2006 dan bahwa dia tetap berada di pasukan cadangan militer Israel hingga setidaknya Agustus 2011.

Sebagai bukti klaimnya, Miller menarik perhatian pada fakta bahwa Tsurkov memasuki Irak menggunakan paspor Rusia dan tidak memperhatikan kewarganegaraan Israel-nya.

Dia tidak menyebutkan bahwa masuknya warga Israel ke Irak adalah tindakan ilegal, yang mungkin menjadi alasan Tsurkov tidak mengungkapkan kewarganegaraannya.

Miller melanjutkan dengan menyatakan bahwa kunjungannya ke Lebanon merupakan bukti lebih lanjut bahwa Tsurkov tidak memasuki Irak karena alasan akademis.

“Tsurkov terlibat dalam penelitian dan advokasi untuk mendukung perubahan rezim di Suriah, bekerja secara langsung dengan organisasi-organisasi yang dikenal sebagai lembaga intelijen Barat atau proksi termasuk Bellingcat, Atlantic Council dan badan yang tampaknya merupakan lembaga CIA, New Lines,” tulis Miller.

Williamson, mantan Anggota Parlemen Derby di Inggris, membagikan artikel Miller dan menambahkan teks; “Apakah Elizabeth Tsurkov seorang mahasiswa PhD Universitas Princeton yang tidak bersalah melakukan penelitian lapangan di Irak, atau apakah dia mata-mata Mossad, MI6, atau CIA?”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)