Peragaan Hanbok Wave Semarakkan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan

Sabtu, 09 September 2023 - 19:20 WIB
loading...
Peragaan Hanbok Wave Semarakkan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan
Peragaan busana Hanbok Wave telah digelar di Jakarta, Jumat (8/9/2023), untuk menyemarakkan perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan. Foto/YKDK
A A A
JAKARTA - Peragaan Busana “Hanbok Wave” telah digelar di Jakarta, Jumat (8/9/2023). Acara yang diprakarsai oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisataserta penyelenggara Yayasan Kerajinan dan Desain Korea Selatan (YKDK) ini untuk menyemarakkan perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan (Korsel).

Mengambil tema “Masa Depan Kuno”, peragaan busana “Hanbok Wave” berlangsung di K-Brand Pusat Promosi Luar Negeri (KOREA 360) di Lotte Avenue. Acara ini menyuguhkan 600 tahun sejarah transformasi Hanbok mulai dari masa akhir Dinasti Koryo hingga masa Dinasti Chosun serta masa modern dan saat ini.

Disambut meriah para pengunjung, acara diawali dengan peraagaan Hanbok dari akhir Dinasti Koryo dan berlanjut ke peragaan Hanbok era Dinasti Chosun dan disusul Hanbok era modern.



Peragaan busana ini memperkenalkan perubahan bentuk busana wanita dari Dinasti Koryo dan transformasi Jogori (kemeja) mulai dari zaman Dinasti Chosun sampai zaman modern serta pakaian pernikahan dan pakaian yang dikenakan di luar rumah dari akhir Dinasti Joseon. Sebanyk 10 koleksi Hanbok tradisional yang mewarnai panggung pun mengundang kekaguman para penonton.

Selanjutnya, ditampilkan Hanbok modern dengan sensibilitas modern yang merupakan tafsiran ulang berdasarkan tradisi.

Pagelaran “Hanbok Wave” yang diselenggarakan oleh YKDK menyuguhkan 12 koleksi Hanbok buah yang didesain dan dikembangkan Usaha Kecil dan Menengah(UMKM) Korea Selatan. Ada sembilam perusahaan Hanbok yang turut berpartisipasi, antara lain: Giroe, Live Damyeon, Lisle, Morinori, Chai Kim, Hapli, Hanbok Studio Hyeon, Hyemi by Saimdang dan Hyeyu.

"Kami sangat bahagia dapat melangsungkan Peragaan Busana Hanbok di Jakarta, pusatnya Korean Wave dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea. Kami akan terus memimpin dalam memperkenalkan Hanbok sebagai lambang Korean Wave ke seluruh dunia demi perluasan promosi budaya Korean Wave," ujar Presiden YKDK, JANG Dong-kwang.

YKDK, lanjut JANG Dong-kwang, mempunyai rencana untuk memperkenalkan desain Hanbok baru untuk pertama kalinya di Times Square, New York, Amerika Serikat (AS), pada Desember 2023.

"Peragaan busana Hanbok ‘Hanbok Wave’ juga telah berhasil digelar di London dan Milan serta meraih tanggapan positif di Jakarta. Semua mata akan tertuju pada destinasi dimana peragaan busana Hanbok akan diselenggarakan tahun depan," papar JANG Dong-kwang.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)