Jadi Ayah 96 Anak Berkat Spermanya, Pria Ini Keliling AS-Kanada Temui Anak-anaknya

Selasa, 05 September 2023 - 15:02 WIB
loading...
Jadi Ayah 96 Anak Berkat Spermanya, Pria Ini Keliling AS-Kanada Temui Anak-anaknya
Dylan Stone-Miller, pria pendonor sperma asal AS yang jadi ayah biologis dari 96 anak. Foto/via Wall Street Journal
A A A
WASHINGTON - Pria Amerika Serikat (AS) bernama Dylan Stone-Miller ini baru berusia 32 tahun. Namun dia telah menjadi ayah biologis dari 96 anak berkat sperma yang dia donorkan.

Stone-Miller baru-baru ini memilih berhenti dari pekerjaannya sebagai insinyur perangkat lunak. Dia meninggalkan Atlanta, Georgia, dan melakukan perjalanan ke utara menuju Kanada dengan satu tujuan: bertemu sebanyak mungkin dari 96 anak biologisnya.

Sejauh ini, dia telah bertemu 25 anak di antaranya.

Dia memutuskan melakukan perjalanan keliling AS-Kanada ketika aktif di media sosial. Menurut laporan Wall Street Journal, Stone-Miller tiba-tiba menerima pesan Facebook pada tahun 2020.



Pesan tersebut datang dari Alicia Bowes, salah satu dari dua ibu dari balita yang merupakan salah satu anak biologis Stone-Miller.

“Saya sangat berharap Anda tidak merasa dilanggar dengan cara apa pun, tetapi ini adalah hari Thanksgiving di Kanada dan saya ingin memberi tahu Anda betapa berterima kasihnya keluarga saya kepada Anda,” bunyi pesan Bowes.

Pesan itu tiba beberapa bulan setelah Stone-Miller berpisah dari istrinya. Segera setelah itu, dia bertanya kepada Bowes apakah dia bisa bergabung dengan grup Facebook yang diberi nama sesuai dengan ID bank spermanya.

Menurut Wall Street Journal, Bowes dapat melacak Stone-Miller di media sosial melalui rincian yang diperoleh dari file donornya.

Ketika dia mengatakan kepada grup tersebut bahwa dia tertarik untuk bertemu dengan anak kandungnya—yang sebagian besar adalah orang Amerika—20 orang tua menjawab.

Dia telah mengunjungi Bowes, yang tinggal di Edmonton bersama dua putri yang keduanya merupakan anak biologis Stone-Miller, pada dua kesempatan.

Salah satu kunjungannya, yang merupakan perjalanan terpanjang dalam perjalanannya, berlangsung selama sembilan hari.

Baik anak-anaknya, Bowes, pasangannya, dan Stone-Miller masih berusaha menjalani hubungan.

Sebelum bertemu dengan Bowes dan keluarganya, Stone-Miller juga mengunjungi anak biologisnya di Atlanta dan Connecticut sebelum menuju ke barat hingga Vancouver.

Stone-Miller pertama kali mulai mendonorkan spermanya ketika dia masih seorang mahasiswa, dan menerima USD100 dari bank sperma Xytex.

Motivasinya, pada awalnya, adalah untuk membayar pengacaranya setelah dia didakwa meminum minuman beralkohol di bawah umur, namun dia terus melakukannya selama enam tahun.

Meskipun beberapa negara membatasi jumlah anak per donor, AS tidak memiliki batasan nasional.

American Society for Reproductive Medicine menawarkan pedomannya sendiri, yang menyarankan batasan 25 anak per donor dalam populasi 800.000 jiwa.

Di Kanada, aturannya serupa, maksimal 25 keturunan per 800.000 penduduk dapat dilahirkan dari satu donor, meskipun tidak ada batasan jumlah keluarga yang akan "dibentuk".

Berbeda dengan AS, donor sperma di Kanada tidak mendapat kompensasi.

Berdasarkan Assisted Human Reproduction Act (Undang-Undang Reproduksi Manusia Berbantuan), membeli atau menjual bahan reproduksi, termasuk sperma adalah tindakan ilegal, meskipun donor dapat diberi kompensasi atas biaya yang dikeluarkan.

Beberapa pakar kesuburan mengatakan hal ini mengakibatkan rendahnya sumbangan sperma di Kanada dan perlunya membelinya dari bank-bank sperma Amerika.

Biaya satu siklus IVF di Kanada dapat berkisar antara USD7.000 hingga lebih dari USD15.000. Beberapa provinsi seperti Quebec dan Ontario menawarkan program IVF publik.

Menurut The Royal Commission for New Reproductive Technology, infertilitas, yang didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil setelah 12 bulan, memengaruhi sekitar delapan persen populasi.

Pada tahun 2019, seorang pengusaha Toronto yang tidak disebutkan namanya menuduh bahwa bank sperma yang dia kunjungi secara rutin lebih dari 20 tahun yang lalu telah menyesatkannya tentang jumlah anak yang dapat dilahirkan dari satu donor, dengan mengatakan kepadanya bahwa jumlah anak yang dapat dilahirkan maksimal adalah 10 hingga 15 anak.

Namun setelah dihubungi oleh beberapa keluarga dari anak biologisnya, pria tersebut—yang diyakini sebagai donor sperma paling produktif di Kanada—memperkirakan dia memiliki sekitar 50 anak biologis di seluruh negeri.

“Saya tidak akan pernah menyetujuinya jika mereka mengatakan kepada saya bahwa jumlahnya akan menjadi 50 hingga 100. Itu membuat saya tetap terjaga di malam hari,” katanya kepada Ottawa Citizen.

Mereka yang berpendapat agar Kanada secara hukum membatasi berapa banyak anak yang dapat dilahirkan dari satu donor menyebutkan adanya konsentrasi genetik, yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan, dan dinamika keluarga yang kompleks, termasuk risiko inses yang tidak disengaja antara saudara kandung.

Beberapa laporan sebelumnya di Kanada merekomendasikan batasan sedikitnya enam kehamilan per donor, batasan yang sama yang berlaku di Spanyol dan Belgia.

Ada pula yang berpendapat perlunya keseimbangan yang lebih baik antara regulasi dan akses terhadap teknologi reproduksi berbantuan, dan menyebutkan hak individu untuk menentukan pilihan reproduksinya sendiri.

Melindungi privasi donor juga merupakan argumen umum untuk membatasi jumlah anak yang lahir dari satu donor.

Dalam kasus Stone-Miller, dia telah memberikan izin kepada Xytex untuk mengungkapkan identitasnya kepada anak kandungnya setelah mereka berusia 18 tahun. Namun, perkenalannya dengan grup Facebook telah mempercepat proses tersebut.

Stone-Miller menyimpan spreadsheet yang berisi nama dan tanggal lahir anak biologisnya serta kapan terakhir kali dia melihat atau berbicara dengan mereka.

Dia mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa proses bertemu dengan anak-anak dan menetapkan serta menavigasi batasan tidaklah mudah, baik bagi dirinya sendiri, anak-anak, maupun orang tuanya.

“Apakah saya orang tua? Mungkin terkadang dari sudut pandang anak? Saya tidak tahu,” katanya. “Bukan hak saya untuk mengatakannya, tapi rasanya seperti mengasuh anak sesekali.”

Dia mengatakan dia ingin tetap berhubungan dengan anak biologisnya selama mungkin, tetapi dia tahu hal itu tidak mungkin dilakukan.

Dalam perjalanannya, Stone-Miller mengunjungi Cal, anak biologisnya yang berusia enam tahun yang tinggal di luar Atlanta. Itu adalah salah satu dari beberapa pertemuan yang dilakukan Stone-Miller dengan Cal selama beberapa tahun terakhir.

Lindsay Harris, ibu dari Cal, mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa meskipun awalnya dia merasa ragu tentang Stone-Miller yang menghabiskan waktu bersama Cal, dia sedih melihat dia pergi setelah kunjungan terakhirnya.

“Di tempat kami tinggal, tidak ada keluarga seperti kami,” katanya.

“Jadi ketika seorang anak berkata, 'Kamu tidak punya ayah', Cal bisa berkata, 'Saya punya ayah kandung. Saya punya ayah donor. Saya melihat dia. Dia adalah bagian dari hidupku.'”
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0830 seconds (0.1#10.140)