Marah Idenya Dicuri, Pria Jepang Akui Bakar Studio Anime Tewaskan 36 Orang

Selasa, 05 September 2023 - 11:07 WIB
loading...
Marah Idenya Dicuri, Pria Jepang Akui Bakar Studio Anime Tewaskan 36 Orang
Studio Kyoto Animation dibakar seorang pria Jepang yang marah karena merasa idenya dicuri. Kebakaran ini menewaskan 36 orang. Foto/REUTERS
A A A
TOKYO - Seorang pria Jepang, yang marah karena idenya dicuri, mengaku memicu kebarakan yang menewaskan 36 orang di sebuah studio animasi pada tahun 2019. Pengakuan bersalahnya disampaikan di pengadilan, Selasa (5/9/2023).

Kebakaran yang melanda studio Kyoto Animation pada Juli 2019 mengejutkan industri anime dan penggemarnya di Jepang dan seluruh dunia.

“Benar, saya telah melakukan apa yang tercantum dalam dakwaan," kata Shinji Aoba di Pengadilan Distrik Kyoto, sebagaimana dikutip dari Jiji Press.

“Saya tidak berpikir begitu banyak orang akan meninggal dan sekarang saya pikir saya bertindak terlalu jauh,” kata pria berusia 45 tahun yang muncul dengan menggunakan kursi roda.



Namun pengacara Aoba mengatakan kliennya tidak bersalah dengan alasan ketidakmampuan mental.

Menurut jaksa, Aoba, yang hampir meninggal karena luka bakar yang dideritanya, menghadapi lima dakwaan termasuk pembunuhan, percobaan pembunuhan dan pembakaran.

Dia dituduh membobol gedung studio, menyebarkan bensin di lantai dasar dan membakarnya sebelum dilaporkan berteriak "mati".

Banyak dari mereka yang tewas dalam kebakaran tersebut adalah staf muda, termasuk seorang wanita berusia 21 tahun. Lebih dari 30 orang lainnya terluka.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan kepada wartawan pada saat itu bahwa insiden tersebut “belum pernah terjadi sebelumnya” dan misi untuk menyelamatkan korban dan memadamkan api “sangat sulit”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)