Yayasan Nobel Tidak Akan Undang Rusia, Belarusia dan Iran, Kenapa?

Minggu, 03 September 2023 - 06:36 WIB
loading...
Yayasan Nobel Tidak Akan Undang Rusia, Belarusia dan Iran, Kenapa?
Yayasan Nobel tidak akan undang Rusia, Belarusia, dan Iran karena mendapat penolakan dari partai politik di Swedia. Foto/Ilustrasi
A A A
STOCKHOLM - Yayasan Nobel pada hari Sabtu mengatakan bahwa mereka tidak akan mengundang duta besar Rusia , Belarusia dan Iran untuk menghadiri upacara penghargaan Hadiah Nobel di Stockholm tahun ini. Keputusan ini membatalkan keputusan sebelumnya yang mendapat kritikan luas.

Tahun lalu, yayasan tersebut juga tidak mengundang duta besar Rusia dan sekutunya Belarusia karena invasi Moskow ke Ukraina.

Yayasan tersebut pada hari Kamis mengatakan bahwa pihaknya akan mengundang mereka, dan duta besar Iran, ke upacara penghargaan tahun ini pada bulan Desember mendatang, dan berkomentar bahwa mereka berupaya untuk melibatkan bahkan mereka yang tidak memiliki nilai-nilai yang sama dengan Hadiah Nobel.



Pengumuman itu mendorong para pemimpin beberapa partai politik Swedia mengatakan mereka akan memboikot upacara tersebut.

“Kami mengakui reaksi keras di Swedia,” kata yayasan tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Oleh karena itu, kami memilih untuk mengulangi pengecualian tahun lalu terhadap praktik reguler – yaitu, tidak mengundang duta besar Rusia, Belarusia, dan Iran ke upacara penghargaan Hadiah Nobel di Stockholm," sambung pernyataan itu seperti dilansir dari Reuters, Minggu (3/9/2023).

Pemenang hadiah Nobel akan diumumkan pada awal Oktober dan lima dari enam hadiah Nobel diberikan di Stockholm setiap tahunnya setelah proses nominasi yang dirahasiakan selama 50 tahun ke depan. Sedangkan Hadiah Nobel Perdamaian diberikan di Oslo dimana perayaan terpisah diadakan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)