Gunakan Tubuh Ganda, Foto Paspor Buktikan Prigozhin Tidak Tewas? Cek Faktanya

Sabtu, 02 September 2023 - 09:21 WIB
loading...
Gunakan Tubuh Ganda, Foto Paspor Buktikan Prigozhin Tidak Tewas? Cek Faktanya
Kematian tragis pemimpin grup tentara bayaran Rusia, Yevgeny Prigozhin, masih meninggalkan cerita, salah satunya adalah teori penggunaan tubuh ganda. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kematian tragis pemimpin kelompok tentara bayaran Rusia Grup Wagner , Yevgeny Prigozhin , masih menyisakan cerita. Salah satunya menyebut jika jenazah yang tewas dalam kecelakaan jatuhnya pesawat di wilayah Tver itu bukan pemimpin Grup Wagner.

Prigozhin dimakamkan dalam sebuah upacara rahasia di kota asalnya Sait Petersburg, Rusia, pada Selasa (29/8/2023). Otoritas Rusia memastikan Prigozhin tewas bersama sembilan orang lainnya dalam kecelakaan pesawat pribadi dua bulan setelah meluncurkan pemberontakan singkat di Rusia.

Namun, salah satu pengguna TikTok membagikan apa yang mereka lihat sebagai bukti adanya upaya menutup-nutupi kematiannya.


KLAIM:


Dilansir dari Newsweek, Sabtu (2/9/2023), pengguna TikTok dengan nama akun BeautyMrk menunjukkan bahwa jasad kembaran Yevgeny Prigozhinlah yang tewas dalam kecelakaan pesawat. Postingan di unggah pada pada 31 Agustus 2023 dan telah dilihat 121.800 kali.

Dalam video tersebut, yang telah dihapus, BeautyMrk mengutip komentar dari artikel berita yang menyebutkan tubuh kembaran Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat minggu lalu.

"Oh tidak, mereka tidak melakukannya," jawab BeautyMrk, sebelum memotong ke gambar paspor yang dikatakan milik tubuh kembaran Prigozhin, menambahkan "Ya, memang benar dan ini sebenarnya tubuh kembarannya."

FAKTA:


Meskipun rumor tentang kematian Prigozhin terus menarik perhatian, postingan dari akun TikTok BeautyMrk tidak memberikan bukti bahwa ada jenazah Prigozhin yang meninggal dalam kecelakaan pesawat bulan lalu.

Sebagian besar TikTok mengambil komentar dari artikel Daily Mail yang mengutip komentator Valery Solovey. Solovey, yang sering digambarkan sebagai "analis politik" dan "ahli teori konspirasi", diperkirakan mengatakan bahwa Prigozhin bersembunyi dan seorang rekannya tewas dalam kecelakaan itu.



Newsweek tidak dapat memverifikasi secara independen sumber atau isi komentar tersebut.

Artikel tersebut menampilkan foto yang tampak seperti paspor palsu, yang dikatakan milik salah satu tubuh kembaran Prigozhin. Pria dalam foto tersebut dikabarkan adalah Leonid Krasavin yang dikabarkan telah dikaitkan dengan Prigozhin sejak tahun 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)