Ukraina Ancam Lakukan Serangan Jarak Jauh ke Rusia

Jum'at, 01 September 2023 - 07:34 WIB
loading...
Ukraina Ancam Lakukan Serangan Jarak Jauh ke Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Ukraina ancam lakukan serangan jarak jauh ke Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Ukraina, secara eksplisit, mengancam akan melakukan serangan jarak jauh ke Rusia. Kyiv mengaku telah memproduksi sendiri misil jarak jauh.

“Program rudal Presiden Ukraina sedang beraksi. Uji cobanya berhasil, penerapannya efektif,” kata Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional (NSDC) Ukraina Oleksiy Danilov dalam video berdurasi 20 detik di media sosial X.

Videonya juga menunjukkan sesuatu yang tampak seperti sebuah rudal diluncurkan di malam hari. “Sevastopol menunggu, Kamchatka menunggu, Kronstadt menunggu…” lanjut Danilov, seperti dikutip Russia Today, Jumat (1/9/2023).



Komentar Danilov terdengar seperti ancaman terhadap pangkalan Angkatan Laut Rusia atau bahkan semenanjung di Timur Jauh. Itu juga merupakan lirik yang salah kutip dari lagu populer Lyube, yang disebut sebagai band favorit Presiden Rusia Vladimir Putin.

Komentar Danilov muncul setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Kamis bahwa negaranya telah memproduksi senjata jarak jauh di dalam negeri.

“Penggunaan senjata jarak jauh kami berhasil: targetnya tercapai pada jarak 700 kilometer!” kata Zelensky di Telegram, merujuk pada latihan yang dilakukan oleh Kementerian Industri Strategis.

Zelensky tidak merinci jenis senjata apa yang digunakan, atau apa targetnya.

Beberapa media Ukraina mengaitkan komentar Danilov tentang program rudal dengan klaim Zelensky tentang senjata jarak jauh.

Kata “700 kilometer” yang disampaikan Zelensky kemungkinan juga mengacu pada Pskov, sebuah kota di barat laut Rusia yang letaknya jauh dari perbatasan Ukraina, namun hanya berjarak 30 km dari anggota NATO; Estonia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)