Menteri Pertahanan Inggris Tiba-tiba Mundur dan Diganti, Ada Apa?

Kamis, 31 Agustus 2023 - 19:45 WIB
loading...
Menteri Pertahanan Inggris Tiba-tiba Mundur dan Diganti, Ada Apa?
Ben Wallace mengundurkan diri dari jabatan menteri pertahanan Inggris. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak menunjuk Menteri Energi Grant Shapps sebagai menteri pertahanan baru pada Kamis (31/8/2023).

Shapps menggantikan Ben Wallace yang tiba-tiba mengundurkan diri pada hari sebelumnya.

“Itu saja semuanya! Suatu kehormatan bisa mengabdi pada bangsa yang besar ini,” tulis mantan anggota Kabinet itu di X (sebelumnya Twitter) saat berbagi kabar tersebut.

Wallace telah mengumumkan niatnya untuk meninggalkan pekerjaannya pada bulan Juli.

Shapps adalah sekutu dekat Sunak dan sebelumnya memegang beberapa jabatan di Kabinet. Penggantiannya sebagai Menteri Energi diperkirakan akan diumumkan pada hari ini.

Dalam suratnya, Wallace mengaku meninggalkan militer Inggris dengan “lebih modern, lebih baik pendanaannya, dan lebih percaya diri” dibandingkan ketika dia mulai menjabat pada 2019.

“Kementerian Pertahanan kembali berada pada jalur untuk kembali menjadi kelas dunia dengan masyarakat kelas dunia,” papar dia.

Dia menegaskan kembali keputusannya untuk mundur adalah karena alasan pribadi, karena dia ingin “berinvestasi pada bagian-bagian kehidupan yang telah saya abaikan, dan untuk mencari peluang baru.”
Wallace sebelumnya menyatakan dia bisa bekerja di bar setelah meninggalkan pemerintahan.



Wallace juga dianggap sebagai calon sekretaris jenderal NATO berikutnya, namun pencalonannya dilaporkan ditolak Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0914 seconds (0.1#10.140)