Zelensky: Ukraina Bisa Gelar Pemilu saat Perang Asalkan Barat Memberi Uang

Senin, 28 Agustus 2023 - 11:25 WIB
loading...
Zelensky: Ukraina Bisa Gelar Pemilu saat Perang Asalkan Barat Memberi Uang
Presiden Volodymyr Zelensky sebut Ukraina bisa saja menggelar pemilu saat perang dengan Rusia asalkan Barat berbagi biayanya. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan Ukraina bisa saja menggelar pemilu saat perang dengan Rusia asalkan para mitra Barat berbagi biayanya.

Selain itu, pemilu dapat digelar jika para legislator Ukraina menyetujuinya.

Itu adalah jawaban Zelensky atas seruan senator Amerika Serikat (AS) Lindsey Graham agar dia mengumumkan pemilu digelar tahun 2024.

Pemilu saat ini tidak dapat diadakan di Ukraina di bawah darurat militer, yang harus diperpanjang setiap 90 hari dan selanjutnya akan berakhir pada tanggal 15 November mendatang.



Negara yang sedang perang dengan Rusia itu semestinya menggelar pemilu untuk Parlemen pada Oktober mendatang dan pemilihan presiden pada Maret 2024.

Para legislator terkemuka Amerika mengunjungi Kyiv pada tanggal 23 Agustus, di antaranya Senator Lindsey Graham, yang memuji perjuangan Kyiv melawan invasi Rusia. Namun Graham mengatakan bahwa negara tersebut perlu menunjukkan perbedaannya dengan mengadakan pemilu di masa perang.

Zelensky, dalam wawancara televisi dengan Natalia Moseichuk, pembawa acara Channel 1+1, mengatakan dia telah membahas masalah ini dengan Graham, termasuk pertanyaan tentang pendanaan dan perlunya mengubah undang-undang.

“Saya memberi Lindsey jawaban yang sangat sederhana dengan sangat cepat,” katanya.

“Dia sangat senang dengan hal itu. Asalkan legislator kita mau melakukannya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)