China Sebut AS Catut Prabowo soal Pernyataan Pedas Laut China Selatan

Senin, 28 Agustus 2023 - 08:25 WIB
loading...
A A A
Visi Bersama

Menteri Prabowo dan Menteri Austin sepakat bahwa ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dan Strategi Indo-Pasifik Amerika Serikat memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama, seperti komitmen untuk menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan melalui Sentralitas ASEAN, dan bahwa kita harus bekerja sama dengan mitra yang memiliki tujuan yang sama dan berkomitmen terhadap tatanan yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan.

Mereka berpandangan sama bahwa klaim maritim Republik Rakyat China (RRC) yang ekspansif di Laut China Selatan tidak sejalan dengan hukum internasional sebagaimana tercermin dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Menteri Austin dan Menteri Prabowo bersama-sama mengutuk pelanggaran kedaulatan nasional, sebagaimana tercermin dalam Resolusi Majelis Umum PBB ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022, yang diadopsi dengan suara terbanyak, yang sangat menyesalkan agresi Federasi Rusia terhadap Ukraina dan menuntut penarikan penuh dan tanpa syarat dari wilayah Ukraina.

Kemitraan yang Lebih Kuat

Ketika Amerika Serikat dan Indonesia memasuki peringatan 75 tahun penggalangan hubungan diplomatik, Menteri Prabowo dan Menteri Austin menegaskan kembali bahwa kemitraan pertahanan kita lebih kuat dari sebelumnya.

Mereka menyoroti bahwa Amerika Serikat dan Indonesia mengadakan lebih dari 220 pertemuan pertahanan setiap tahunnya, mulai dari pertukaran pakar hingga latihan multilateral dengan ribuan tentara, semuanya menunjukkan luasnya interoperabilitas kita.

Mereka membahas bagaimana, dalam beberapa tahun terakhir, kami telah memperluas Latihan GARUDA SHIELD dari latihan bilateral antar tentara menjadi latihan gabungan multinasional dengan perwakilan lebih dari sembilan belas negara, dan mereka berkomitmen untuk mencari peluang lebih lanjut untuk perluasan.

Bersama-sama, Menteri Austin dan Menteri Prabowo menegaskan kembali pentingnya modernisasi militer Indonesia dan membahas niat bersama kedua negara untuk memperdalam interoperabilitas melalui kemampuan pertahanan seperti peningkatan pesawat tempur, pesawat tempur multi-peran baru, dan tambahan pesawat angkut sayap tetap dan putar.

Nilai yang Dibagi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)