Presiden Belarusia Lukashenko: Bos Wagner Prigozhin Tidak Minta Jaminan Keamanan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 05:30 WIB
loading...
Presiden Belarusia Lukashenko: Bos Wagner Prigozhin Tidak Minta Jaminan Keamanan
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Foto/REUTERS
A A A
MINSK - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menyatakan mendiang Kepala Wagner Group Evgeny Prigozhin tidak pernah meminta jaminan keamanan dari Minsk.

Lukashenko menjelaskan hal itu kepada wartawan pada Jumat (25/8/2023).

Seperti dilansir kantor berita Belarusia BelTA, Lukashenko bersikeras dia tidak bertanggung jawab atas keselamatan pribadi Prigozhin dan mereka tidak pernah berdiskusi mengenai masalah tersebut.

Sebaliknya, Lukashenko menyatakan dia telah memperingatkan Prigozhin pada dua kesempatan terpisah, termasuk ketika dia melancarkan demonstrasi di Moskow bahwa dia mempertaruhkan keselamatannya sendiri serta keselamatan orang-orang di sekitarnya.

Presiden Belarusia mengklaim hanya ada dua topik dalam agenda selama negosiasi dengan Prigozhin di tengah pemberontakan singkatnya pada bulan Juli.

Yang pertama adalah penghentian kasus pidana terhadap anggota Wagner, sedangkan yang kedua adalah pemindahan pasukan Wagner ke Belarusia dan jaminan keamanan begitu mereka tiba di sana.

“Jika kalian takut akan sesuatu, saya akan berbicara dengan Presiden (Rusia Vladimir) Putin, kami akan membawa Anda ke Belarusia di mana kami dapat menjamin keselamatan Anda,” kenang Lukashenko kepada Prigozhin saat dia membantu menengahi perjanjian tersebut.



Pemimpin Belarusia menekankan pemimpin Wagner tidak pernah memintanya menangani aspek apa pun yang berkaitan dengan keamanan pribadinya.

Lukashenko juga menegaskan Putin tidak ada hubungannya dengan insiden yang tampaknya menyebabkan kematian Prigozhin, meskipun beberapa media berusaha menyalahkan pemimpin Rusia tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)