Apakah Putin membunuh Prigozhin? 3 Skenario tentang Kecelakaan Pesawat Bos Wagner

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 05:14 WIB
loading...
Apakah Putin membunuh Prigozhin? 3 Skenario tentang Kecelakaan Pesawat Bos Wagner
Banyak pihak menduga Presiden Rusia Vladimir Putin membunuh bos Wagner karena balas dendam. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Yevgeny Prigozhin , pemimpin Grup Wagner yang bombastis yang memimpin pemberontakan singkat melawan kementerian pertahanan Rusia awal musim panas ini, diperkirakan tewas setelah jet bisnisnya jatuh dalam kecelakaan hebat di luar Moskow pada hari Rabu.

Belum jelas apakah Prigozhin berada di pesawat yang jatuh tersebut, meskipun namanya tercantum dalam manifes penerbangan. Media pemerintah Rusia TASS kemudian mengkonfirmasi bahwa Prigozhin dan wakilnya Dmitry Utkin, termasuk di antara mereka yang tewas.

Media sosial yang berafiliasi dengan Wagner mengatakan Prigozhin tewas dalam kecelakaan itu, dan menyalahkan “pengkhianat Rusia”. Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera mengomentari masalah ini.

Presiden Rusia Vladimir Putin memecah keheningannya atas dugaan kematian Prigozhin, mantan sekutunya. “Saya sudah mengenal Prigozhin sejak lama, sejak awal tahun 90an. Dia adalah seorang pria dengan nasib yang rumit dan dia membuat kesalahan serius dalam hidupnya,” kata Putin, seraya menambahkan bahwa Prigozhin adalah “seorang pria yang berbakat, seorang pengusaha yang berbakat.”

Bahkan ketika situasi yang kacau balau telah mereda dan pernyataan resmi dikeluarkan, hanya sedikit orang yang mungkin mengetahui keseluruhan kisah ini karena jaringan propaganda Rusia yang berbelit-belit.

Ada kemungkinan bahwa ini adalah sebuah kecelakaan: namun seorang panglima perang yang menjadi nakal, menikam dermawan politiknya dari belakang, dan kemudian meninggal dalam kecelakaan pesawat yang aneh sepertinya agak sulit dibandingkan dengan beberapa alternatif lain.

Berikut adalah 3 kemungkinan penjelasan yang dikemukakan para ahli tentang apa yang mungkin terjadi pada Prigozhin berdasarkan apa yang kita ketahui sejauh ini.

Skenario 1: Putin memerintahkan kematian Prigozhin

Apakah Putin membunuh Prigozhin? 3 Skenario tentang Kecelakaan Pesawat Bos Wagner

Foto/Reuters

Pembunuhan yang diperintahkan oleh Putin mewakili “penjelasan terbaik” atas kecelakaan pesawat yang terjadi pada hari Rabu, Simon Miles, asisten profesor di Sekolah Kebijakan Publik Sanford Universitas Duke dan sejarawan Uni Soviet dan hubungan AS-Soviet, mengatakan kepada Insider.

Putin, seorang pemimpin yang terkenal tak kenal ampun, punya banyak alasan untuk menginginkan kematian Prigozhin setelah pemimpin tentara bayaran itu memimpin pemberontakan melawan Kementerian Pertahanan Rusia pada bulan Juni yang berusaha memecat pejabat tingkat tinggi setelah ia menghabiskan waktu berbulan-bulan secara terbuka mengkritik strategi militer Rusia di Ukraina. Pemberontakan ini hanya berlangsung singkat namun tetap merupakan ancaman paling besar terhadap rezim Putin dalam beberapa dekade.

“Tidak mengherankan jika Putin membalas dendam,” kata Robert English, seorang profesor di Universitas Southern California yang mempelajari Rusia, Uni Soviet, dan Eropa Timur, kepada Insider. “Faktanya, kami, para pengamat Putin, telah memperkirakan hal itu, dan hari ini hal itu terjadi – tepat pada peringatan dua bulan pemberontakan Wagner.”

Beberapa bulan setelah pemberontakan, pejabat internasional dan pakar akademis telah meramalkan kematian Prigozhin. Direktur CIA Bill Burns bulan lalu menyatakan bahwa Prigozhin hidup dengan waktu pinjaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)