Siti Aisyah Pesta sebelum Pembunuhan Kakak Kim Jong-un

Senin, 27 Februari 2017 - 09:39 WIB
Siti Aisyah Pesta sebelum...
Siti Aisyah Pesta sebelum Pembunuhan Kakak Kim Jong-un
A A A
KUALA LUMPUR - Sehari sebelum pembunuhan Kim Jong-nam, 46, kakak tiri diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Siti Aisyah, 25, ikut pesta malam dengan teman-temannya. Hal itu diungkap salah satu teman dekat Siti kepada China Press.

Siti Aisyah, wanita asal Serang, Indonesia, saat ini ditahan Kepolisian Diraja Malaysia setelah ditetapkan sebagai salah satu tersangka pembunuhan Kim Jong-nam. Pesta digelar di kelab malam terkenal di Kuala Lumpur pada 12 Februari untuk merayakan ulang tahun Siti yang terlahir 11 Februari.

Abang tiri Kim Jong-un itu tewas dibunuh dengan racun di Kuala Lumpur International Airport (KLIA)2, Malaysia pada 13 Februari. Korban meninggal saat dalam perjalanan ke rumah sakit terdekat setelah serangan.

Siti Aisyah sendiri mengaku dia hanya ikut acara “lelucon untuk reality show”. Dia diberi cairan sejenis “baby oil” oleh seseorang yang membayar 400 ringgit atau sekitar Rp1,2 juta. Kepolisian Diraja Malaysia mengonfirmasi bahwa cairan “baby oil” itu sejatinya adalah agen saraf VX, racun mematikan yang dinyatakan PBB sebagai salah satu senjata pemusnah massal.

Dalam video dari pesta, Siti Aisyah tampak tertawa dan menutupi wajahnya dengan malu-malu ketika teman-temannya berkomentar bahwa dia akan menjadi "bintang besar".

”Saya tidak percaya Siti Aisyah akan membunuh seseorang hanya untuk uang,” kata salah satu teman Siti yang berbicara dalam kondisi anonim. ”Itu tidak mungkin. Saya pikir dia telah dijebak,” lanjut teman Siti, yang dikutip Senin (27/2/2017).

Teman-teman Siti terkejut ketika nama wanita Indonesia itu disebut sebagai salah satu tersangka yang membunuh Kim Jong-nam.

Teman-temannya percaya bahwa Siti Aisyah tidak bersalah. ”Dia adalah orang yang sangat sederhana,” kata salah satu teman Siti. ”Saya tahu dari ambisinya sekitar satu tahun yang lalu (untuk menjadi bintang).”

Teman-teman Siti berharap wanita Serang itu dibebaskan dan bisa bersatu kembali dengan keluarganya di Indonesia.

Selain Siti, wanita asal Vietnam, Doan Thi Huong, 28, juga jadi tersangka. Dalam rekaman CCTV di bandara, Doan-lah yang terlihat menyerang Kim Jong-nam dari belakang dengan cairan yang diduga racun VX. Sedangkan Siti berada di depan korban untuk mengalihkan perhatian.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur telah menemui Siti pada Sabtu pekan lalu. Melalui KBRI, Siti berpesan agar orangtuanya tidak mengunjunginya di tahanan Malaysia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)