Negara-negara BRICS Setuju Lakukan Ekspansi

Rabu, 23 Agustus 2023 - 23:32 WIB
loading...
Negara-negara BRICS Setuju Lakukan Ekspansi
Negara-negara anggota BRICS setuju untuk lakukan ekspansi. Foto/Ilustrasi
A A A
JOHANNESBURG - Para pemimpin blok negara-negara berkembang terkemuka yang tergabung dalam BRICS - Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan - telah menyetujui mekanisme untuk mempertimbangkan anggota baru. Hal itu diungkapkan menteri luar negeri Afrika Selatan.

Perjanjian mengenai ekspansi membuka jalan bagi lusinan negara kandidat yang berminat untuk bergabung dengan kelompok tersebut, yang telah berjanji untuk menjadi pelopor pembangunan “Global Selatan”.

Memperbesar BRICS menjadi agenda utama dalam pertemuan puncak yang diadakan di Johannesburg, ibu kota komersial Afrika Selatan. Meskipun seluruh anggota BRICS secara terbuka menyatakan dukungannya untuk mengembangkan blok tersebut, terdapat perbedaan pendapat di antara para pemimpin mengenai seberapa besar dan seberapa cepat dukungan tersebut akan diberikan.



“Kami telah menyetujui masalah perluasan,” kata Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Naledi Pandor, di Radio Ubuntu, sebuah stasiun radio yang dikelola oleh Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan.

“Kami memiliki dokumen yang kami adopsi yang menetapkan pedoman dan prinsip, proses untuk mempertimbangkan negara-negara yang ingin menjadi anggota BRICS...Itu sangat positif,” imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/8/2023).

Pandor mengatakan para pemimpin blok tersebut akan membuat pengumuman lebih rinci mengenai perluasan tersebut sebelum pertemuan puncak berakhir pada hari Kamis esok.

Lebih dari 40 negara telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan BRICS, kata para pejabat Afrika Selatan, dan 22 negara – termasuk Iran, Venezuela serta Aljazair – telah secara resmi meminta untuk diterima menjadi anggota.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)