Sebuah Petisi Inginkan Obama Jadi Presiden Prancis 2017

Sabtu, 25 Februari 2017 - 02:14 WIB
Sebuah Petisi Inginkan Obama Jadi Presiden Prancis 2017
Sebuah Petisi Inginkan Obama Jadi Presiden Prancis 2017
A A A
PARIS - Publik Prancis diramaikan dengan sebuah petisi yang menginginkan agar mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menjadi Presiden Prancis 2017. Petisi muncul saat para kandidat presiden Prancis sibuk kampanye untuk merebut simpati publik.

Petisi itu diluncurkan oleh situs yang bernama Obama2017.fr. Dalam situs itu, publik Prancis didesak untuk membuat gebrakan dengan berani memilih orang asing sebagai presiden.

Tak hanya petisi, poster “Obama17” juga ramai bertebaran di Prancis. Menurut situs petisi tersebut, meski Obama bukan warga Prancis, dia memiliki kemampuan untuk menjadi Presiden Prancis.

Pemilu Presiden Prancis akan digelar 23 April mendatang. Jika dalam pemilu itu tidak ada kandidat yang meraih suara mayoritas untuk menjadi presiden, maka akan dilanjutkan pada pemilu putaran kedua pada 7 Mei mendatang.

Situs petisi itu berjanji untuk mengumpulkan satu juta suara untuk mendukung Obama yang sudah dua periode jadi Presiden AS dan meraih Hadiah Nobel Perdamaian.

“Barack Obama memiliki resume terbaik di dunia untuk pekerjaan ini,” tulis situs tersebut, yang dikutip Sabtu (25/2/2017). ”Kami ingin berjuang dengan memilih Presiden asing di negara kita yang indah,” lanjut tulisan di situs itu.

Petisi itu muncul ketika partai ekstem kanan Prancis mulai medominasi dalam jajak pendapat menjelang pemilu.

”Karena pada saat rakyat Prancis memilih secara besar-besaran untuk ekstrem kanan, kita masih bisa memberikan pelajaran demokrasi ke planet ini dengan memilih seorang Presiden Prancis, orang asing,” bunyi kampanye di situs tersebut.

Kelompok yang meluncurkan situs itu juga menyerukan kepada setiap wali kota di Prancis untuk mendukung mereka. Petisi itu disambut para warga Prancis melalui Twitter.

Ludovic Gautier seorang pengguna akun Twitter @Senordiezz menulis; “Saya mempunyai impian! #Obama17 #Presidentielle2017”.

Pengguna Twitter lainnya, Anshuman dengan akun @anshuman menulis; ”Obama untuk Presiden (Prancis) #yeswecan #ouionpeut #obama17”.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3671 seconds (0.1#10.140)