Swedia Minta Penjelasan AS Soal Pernyataan Trump

Senin, 20 Februari 2017 - 03:37 WIB
Swedia Minta Penjelasan AS Soal Pernyataan Trump
Swedia Minta Penjelasan AS Soal Pernyataan Trump
A A A
WASHINGTON - Kedubes Swedia di Washington telah meminta Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk menjelaskan komentar Presiden Donald Trump ada insiden keamanan di negara itu. Trump menyatakan hal tersebut saat berbicara di pertemuan politik di Florida.

"Anda melihat apa yang terjadi di Jerman. Anda melihat apa yang terjadi tadi malam di Swedia. Swedia. Siapa yang akan percaya ini? Swedia. Mereka mengambil dalam jumlah besar. Mereka mengalami masalah seperti mereka berpikir tidak akan ada masalah," kata Trump saat berbicara soal perlunya menjaga keamanan di AS.

Namun, Trump tidak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait insiden keamanan di Swedia. Hal ini membuat pemerintah Swedia menjadi bingung.

"Kami saat ini telah mengajukan pertanyaan ke Departemen Luar Negeri. Kami mencoba untuk mendapatkan kejelasan," kata juru bicara kementerian luar negeri Swedia Catarina Axelsson seperti dikutip dari Reuters, Senin (20/2/2017).

Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom, juga merespon pernyataan Trump lewat Twitter dengan komentar "karena keadaan tertentu", diikuti dengan bagian dari pidatonya di parlemen pekan lalu terkait kebijakan luar negeri Swedia.

Warga Swedia pun ikut mengejek komentar Trump di Twitter dengan menggunakan hashtag #LastNightInSweden.

Mantan menteri luar negeri Swedia Carl Bildt juga berkicau di Twitter. "Swedia? Serangan Teror? Apakah ia habis merokok? Pertanyaan yang berlimpah," cuitnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3185 seconds (0.1#10.140)