10 Badai Paling Mematikan di AS, Salah Satunya Menewaskan 2.000 Orang

Senin, 21 Agustus 2023 - 08:06 WIB
loading...
10 Badai Paling Mematikan di AS, Salah Satunya Menewaskan 2.000 Orang
Badai Ike menjadi salah satu bencana besar yang melanda AS. Foto/Wonder List
A A A
WASHINGTON - Badai mengancam Amerika Serikat (AS) selama yang diingat semua orang, namun kerugian finansial yang ditimbulkan badai telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Kehancuran akibat Badai Harvey (2017) dan Katrina (2005) mencapai $250 miliar, menyebabkan 2.000 orang tewas dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Apalagi, AS sedang menghadapi badai besar bernama Hurricane Hilary sedang menuju ke arah barat daya AS. Badai ini sangat kuat dan dapat menyebabkan banjir yang jarang terjadi dan berbahaya. Para ahli di National Hurricane Center telah memberikan peringatan tentang badai ini, sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya untuk California Selatan.

Saat ini, Badai Hilary adalah badai Kategori 4, yang sangat kuat. Ini mungkin menjadi sedikit lebih lemah, tetapi masih akan membawa banyak hujan ke beberapa bagian California setelah melanda Meksiko. Bahkan setelah badai melemah, bagian yang tersisa dapat membawa angin kencang ke beberapa daerah di California, seperti Cekungan Los Angeles.

Berikut adalah 10 badai paling mematikan dalam sejarah AS.

1. Badai Rita

10 Badai Paling Mematikan di AS, Salah Satunya Menewaskan 2.000 Orang

Foto/Wonder List

Kerusakan: USD18,5 miliar

Musim: 2005

Kategori 5

Daerah yang terkena dampak: Kuba, Texas, Louisiana.

Badai Atlantik paling intens yang pernah tercatat dan siklon tropis paling intens yang pernah diamati di Teluk Meksiko. Badai Rita pada tanggal 20 September, pada intensitas puncaknya, mencapai kecepatan angin 285 km/j.

Datang begitu cepat setelah Badai Katrina, Rita sering dilupakan, tetapi menyebabkan kerusakan USD11,8 miliar dan 120 kematian di empat negara bagian AS.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)