Badai Hilary Jadi Malapetaka AS, Picu Banjir Bah yang Ancam Korban Jiwa

Senin, 21 Agustus 2023 - 06:31 WIB
loading...
Badai Hilary Jadi Malapetaka AS, Picu Banjir Bah yang Ancam Korban Jiwa
Badai Hilary diprediksi akan menimbulkan banyak korban jiwa dan banjir di AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Badai tropis Hilary menerjang semenanjung Baja California yang mengakibatkan hujan lebat pada Minggu (20/8/2023) saat menerjang ke arah Barat Daya AS. Para pengamat cuaca memperingatkan badai itu akan memicu banjir yang mengancam jiwa dan menjadi malapetaka" di tengah curah hujan yang tinggi.

Badai Hilary sudah mengakibatkan satu orang tewas di Meksiko di tengah laporan banjir bandang di semenanjung. Banyak jalan banjir dan gambar di media sosial menunjukkan aliran air yang deras mengalir di jalan-jalan kota yang telah berubah menjadi sungai.

Di Amerika Serikat, hujan lebat dan angin kencang mulai menyebabkan kekacauan di jalan-jalan California saat orang-orang melarikan diri dari badai dan beberapa pejabat memerintahkan evakuasi.



Banyak penerbangan di bandara San Diego dan Los Angeles serta acara olahraga di daerah tersebut telah dibatalkan. Sementara pemerintah lokal memperingatkan penduduk untuk tetap berada di dalam rumah dan menyimpan persediaan darurat.

Badai Hilary Jadi Malapetaka AS, Picu Banjir Bah yang Ancam Korban Jiwa

Foto/Reuters

Berdasarkan laporan FlightAware, sekitar 250 penerbangan yang dijadwalkan pada Minggu di Bandara Internasional San Diego telah dibatalkan dan 382 lainnya pada Senin.

Badai Hilary, yang menerjang bagian utara semenanjung Baja California, telah melemah selama 48 jam terakhir. "Tapi itu masih ditetapkan sebagai badai terbasah yang pernah melanda AS Barat Daya," kata Zack Taylor, seorang ahli meteorologi di National Weather Service (NWS), dilansir Reuters.

"Ini adalah badai yang berbahaya," kata Taylor, yang bekerja untuk Pusat Prediksi Cuaca NWS di College Park, Maryland. "Ini bukan hanya total hujan tetapi intensitasnya."

Area seperti Palm Springs, California, yang biasanya mendapat curah hujan sekitar 4,6 inci dalam setahun penuh, dapat menerima 6-10 inci dari badai yang satu ini. Daerah Death Valley California, yang menerima hanya sekitar 2,2 inci hujan per tahun, dapat menerima 3-4 inci dari peristiwa ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)