alexa snippet

Siti Aishah dan Sejarah Panjang Korut Gunakan Mata-mata Wanita

Siti Aishah dan Sejarah Panjang Korut Gunakan Mata-mata Wanita
Paspor Siti Aishah, wanita asal Serang yang jadi tersangka pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri diktator Korut Kim Jong-un, di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto / Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Siti Aishah, 25, wanita asal Serang, Jawa Barat, mendadak mendunia, setelah namanya ditetapkan Kepolisian Diraja Malaysia sebagai tersangka pembunuh Kim Jong-nam, kakak tiri diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Intelijen Korea Selatan dan kepolisian Malaysia menduga Siti dan tersangka wanita lainnya asal Vietnam, Doan Thi Huong, digunakan sebagai agen mata-mata Korut.

Benar tidaknya Siti sebagai agen mata-mata rezim Kim Jong-un kini sedang diselidiki polisi Malaysia. Siti ditetapkan sebagai tersangka karena dirinya terekam CCTV berada di dekat Kim Jong-nam saat dibunuh dengan racun. Pelempar racun sebenarnya adalah Doan, itu pun menurut pengakuannya hanya disuruh seseorang untuk aksi lelucon.

"Mereka bilang itu sebuah lelucon. Saya tidak tahu itu dimaksudkan untuk membunuhnya,” kata Doan, seperti dikutip dari Oriental Daily, Jumat (17/2/2017). Sedangkan peran Siti belum jelas.

Siti berada di Malaysia diduga sebagai pekerja. Di negeri tetangga itu, Siti memiliki kekasih bernama Muhammad Farid Jalaluddin, 26, warga Malaysia, yang ikut ditangkap polisi Malaysia terkait kasus pembunuhan Kim Jong-nam.

Kepolisian Malaysia membela warga mereka dengan menyampaikan dugaan awal bahwa tersangka ketiga ini tidak terlibat.

”Tersangka ketiga masih dipertanyakan untuk mengetahui berapa banyak dia tahu tentang kegiatan pacarnya (Siti),” kata Kepala Kepolisian Selangor Abdul Samah, kepada The Straits Times.

Kim Jong-nam dibunuh dengan racun di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) 2 Malaysia pada hari Senin lalu. Dia dibunuh sekitar pukul 09.00 saat menunggu penerbangan ke Macau, China.

Meski Siti belum terbukti sebagai agen mata-mata Korut, kisahnya mengingatkan sejarah panjang negeri komunis itu dalam menggunakan agen mata-mata wanita untuk misi di luar negeri.

Berikut beberapa mata-mata wanita terkenal yang terkonfirmasi digunakan Korut untuk misi di luar negeri:

Kim Hyon-hui

Pada November 1987, dua agen Korea Utara yang menyamar sebagai seorang ayah dan putrinya meninggalkan bom waktu di pesawat jet Korea Selatan ketika berhenti di Abu Dhabi selama penerbangan dari Bagdad ke Seoul. Pesawat meledak di lepas pantai Myanmar yang menewaskan 115 orang.
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top