10 Kapal Selam Tercanggih di Dunia, AS dan Rusia Bersaing Ketat

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 13:45 WIB
loading...
10 Kapal Selam Tercanggih di Dunia, AS dan Rusia Bersaing Ketat
Kapal selam kelas Sierra dari Rusia menjadi salah satu armada laut yang tercanggih di dunia. Foto/Marine Insight
A A A
WASHINGTON - Kapal selam menjadi populer dalam perang angkatan laut selama periode Perang Dunia. Kapal selam bertenaga uap digunakan untuk pertempuran di Revolusi Amerika yang terkenal dan juga Perang tahun 1812 antara AS dan Inggris.

Kapal selam paling awal dioperasikan secara manual dan sangat lambat, tetapi tidak sampai USS Nautilus bertenaga nuklir pertama diluncurkan pada tahun 1955. Sejak itu, ini menjadi kapal penyerang paling mematikan, mencapai kecepatan 25 hingga 35 knot.

Saat ini, kapal selam adalah bagian penting dari armada angkatan laut negara mana pun. Mereka bertindak sebagai pencegah nuklir dan digunakan untuk operasi pengawasan dan patroli di perairan teritorial.

Berikut adalah 10 kapal selam terbaik dan tercanggih di dunia.

1. Kelas Topan Rusia/ Proyek 941 Kelas Akula

10 Kapal Selam Tercanggih di Dunia, AS dan Rusia Bersaing Ketat

Foto/Marine Insight

Melansir Marine Insight, Raksasa kapal selam bertenaha nuklir ini dibangun oleh Soviet Rusia pada 1960-an dan 70-an untuk menghadapi AS dan sekutunya dalam perang dingin yang sedang berlangsung. Lebih besar dari gabungan tiga lapangan sepak bola, mereka sarat dengan fitur luar biasa seperti kolam renang, sauna, dan lapangan golf.

Kapal selam kelas topan berukuran panjang 566 kaki, lebar 76 m dan mencapai ketinggian 38 m dengan perpindahan lebih dari 48.000 ton.

Kapal selam dilengkapi dengan 20 rudal balistik antarbenua R-39 'Rif' yang besar, juga dikenal sebagai SS-N-20 Sturgeon. Senjata ampuh ini memiliki panjang 53 kaki dan lebar 8 kaki. Ditunjuk sebagai kapal selam terbesar yang pernah dibangun, mereka juga dilengkapi dengan rudal RSM-52 dan sistem penggerak hidrostatik magneto yang efisien untuk meluncurkan serangan diam namun kuat pada musuh mereka.

Mereka memiliki desain multihull dan sembilan belas kompartemen dengan ruang kendali terpisah, dekat dengan peralatan peluncuran rudal dan dirancang di galangan kapal Severodvinsk untuk melintasi perairan es Arktik. Oleh karena itu, mereka memiliki mekanisme pemecah es, sirip buritan yang kuat, dan sistem yang dapat ditarik. Mesin perang ini berlayar dengan kecepatan permukaan 12 knot dan memiliki kecepatan maksimum 25 knot di bawah air.

Dmitry Donskoy atau TK-208 adalah kapal selam pertama dari kelas topan yang mulai beroperasi pada awal 1980-an. Hari ini adalah satu-satunya kapal selam yang tetap berfungsi karena lima lainnya telah dihapus dari layanan. Donskoy telah diubah menjadi laboratorium dan tempat pengujian untuk teknologi kelautan terbaru dan misil Rusia.


2. Kelas Borei Rusia/ Proyek 955 Borei

10 Kapal Selam Tercanggih di Dunia, AS dan Rusia Bersaing Ketat

Foto/Marine Insight

Borei generasi keempat adalah kapal selam kelas pertama yang dibangun oleh Rusia sejak akhir Rezim Soviet. Mereka dimaksudkan untuk menggantikan kapal selam kelas Delta III, IV dan topan tua dan melayani pasukan Angkatan Laut Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)