Ajak 100 Pelajar Lokal, KBRI Bangkok Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 06:51 WIB
loading...
Ajak 100 Pelajar Lokal, KBRI Bangkok Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI
Suasana upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Foto/KBRI Bangkok
A A A
BANGKOK - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok pagi melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis (17/8/2023). Upacara itu dihadiri lebih dari 600 peserta.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman dan Kolonel Laut (T) Arie Cahyo Nugroho, sebagai Komandan Upacara. Sementara itu, dua puluh tujuh pelajar Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera (PAKIBRA) KBRI Bangkok.

Ajak 100 Pelajar Lokal, KBRI Bangkok Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Foto/KBRI Bangkok

Melansir keterangan pers dari KBRI Bangkok, upacara diikuti oleh seluruh pejabat KBRI Bangkok, pegawai setempat, guru dan pelajar SIB, serta seluruh masyarakat dan Diaspora Indonesia di Thailand yang tergabung dalam berbagai simpul organisasi kemasyarakatan seperti Indonesia Diaspora Network Thailand (IDN), Indonesia-Thai Chamber of Commerce (INTCC), Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (PERMITHA), dan organisasi lainnya.

Turut hadir dalam upacara sejumlah tim official dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yang saat ini sedang mendampingi Tim Nasional Basket Putri Indonesia untuk bertanding pada FIBA Asia Cup Divisi B di Bangkok. Selain dihadiri oleh WNI, terdapat juga unsur Warga Negara Thailand, yaitu satu pleton pasukan dan marching band dari Royal Thai Army yang mengiringi penaikan Bendera Merah Putih.

Upacara juga diikuti oleh sekitar 100 orang pelajar dari dua sekolah lokal di Bangkok yaitu Sanampueng dan Santichon, serta satu sekolah di Non Tha Buri, yaitu Thamislam. Sekitar 600 orang peserta memadati Lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok.



Momen sakral peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus ditandai dengan bunyi sirine dan pemukulan gong yang menambah khidmat suasana. Upacara berlangsung dengan lancar, di bawah cuaca Bangkok yang cerah dengan temperatur 32 derajat Celsius. Cuaca yang cukup panas tidak menyurutkan semangat WNI untuk mengikuti upacara.

Ajak 100 Pelajar Lokal, KBRI Bangkok Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Foto/KBRI Bangkok

Pelajar Sekolah Dasar SIB yang berperan sebagai paduan suara, juga sangat antusias dalam menyanyikan dengan sangat khidmat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan beberapa lagu nasional lainnya yaitu Garuda Pancasila, Hari Merdeka, Di Timur Matahari, Indonesia Pusaka, dan Padamu Negeri.



Kegiatan upacara tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang telah berlangsung sejak tanggal 10 Juni sampai dengan 19 Juli 2023. Sebelumnya, KBRI Bangkok telah mengadakan berbagai perlombaan dan kompetisi olahraga seperti tenis, tenis meja, bulu tangkis, bowling, memancing, catur, gaple, serta sejumlah perlombaan anak.

Sebagai puncak kegiatan, KBRI Bangkok akan menggelar pesta rakyat berupa syukuran dan panggung gembira pada tanggal 19 Agustus 2023 di Lapangan Sepak Bola KBRI Bangkok. Acara tersebut akan dimeriahkan dengan bazaar berbagai makanan dan produk Indonesia, serta penampilan tari dan group musik dari berbagai lapisan Masyarakat di Bangkok dan sekitarnya. Selain itu juga akan digelar resepsi diplomatik bagi kalangan diplomatic corps dan instansi Pemerintah Kerajaan Thailand pada tanggal 29 Agustus 2023.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)