Korban Kebakaran Hutan Tembus 100 Jiwa Lebih, Biden Bakal Sambangi Hawaii

Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:11 WIB
loading...
Korban Kebakaran Hutan Tembus 100 Jiwa Lebih, Biden Bakal Sambangi Hawaii
Presiden AS Joe Biden akan mengunjungi Hawaii saat korban tewas akibat kebakaran hutan tembus lebih dari 100 jiwa. Foto/Fox News
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden , mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke Hawaii "sesegera mungkin" di tengah kritik atas responsnya terhadap kebakaran hutan yang mematikan di pulau itu.

Berbicara di Milwaukee, Biden mengatakan dia ingin memastikan bahwa orang-orang di negara bagian itu memiliki semua yang mereka butuhkan.

Sebelumnya, saat berada di Pantai Rehoboth, Delaware, selama akhir pekan, Biden ditanyai oleh seorang reporter tentang meningkatnya jumlah kematian di Hawaii, dan menjawab: "Tidak ada komentar."

Pada hari Selasa waktu setempat, Biden mengatakan di belum menyambangi Hawaii karena khawatir hal itu akan mengalihkan sumber daya dan perhatian dari respons kemanusiaan.

"Saya tidak ingin menghalangi. Saya telah mengunjungi terlalu banyak daerah bencana," ucap Biden.

"Saya ingin memastikan kami tidak mengganggu upaya pemulihan yang sedang berlangsung," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Rabu (16/8/2023).

Ia mengatakan bahwa semua aset federal yang tersedia di kawasan itu akan digunakan untuk upaya pemulihan, termasuk militer AS dan Penjaga Pantai.

"Ini pekerjaan yang melelahkan. Butuh waktu dan menegangkan," kata Biden.



Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) telah menyetujui pembayaran satu kali sebesar USD700 per rumah tangga untuk membantu kebutuhan mendesak setelah bencana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)