5 Alasan Polandia Bisa Jadi Target Invasi Rusia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 03:25 WIB
loading...
A A A
Peran Polandia dalam NATO telah berubah secara dramatis dalam dekade terakhir, menurut Jamie Shea, mantan pejabat NATO, seorang profesor strategi dan keamanan di University of Exeter, di Inggris, dan seorang rekan di Chatham House.

“Jika Anda melihat NATO 10 tahun yang lalu, sebelum Putin menganeksasi Krimea dan [meluncurkan invasi ke] Ukraina, fokus utama NATO sebagian besar adalah Timur Tengah, Afghanistan, dan misi-misi semacam itu di mana Polandia berpartisipasi, tetapi hanya sebagian kecil,” katanya kepada CNN. “Tapi sejak 2014, dengan NATO kembali fokus ke Eropa Tengah dan Timur…. pentingnya Polandia dalam aliansi telah meningkat secara besar-besaran.”

Arnold mengatakan pergeseran kekuatan di antara anggota NATO di Eropa terlihat jelas. “Kepemimpinan dulu adalah Inggris, Jerman, Prancis, dan kemudian bersama dengan AS, Quad, adalah kelompok yang memutuskan hal-hal dan itu menjadi kebijakan NATO,” katanya.

Dengan Inggris keluar dari Uni Eropa dan Jerman masih ragu untuk mengambil peran kepemimpinan di Ukraina, Polandia telah merasakan peluangnya.

“[Mereka] memiliki hubungan yang sangat baik dengan Baltik, sangat vokal dalam masalah pertahanan dan keamanan, dan Rusia selalu menjadi ancaman utama… jadi jika Anda memikirkan hal ini dari sudut pandang Washington, maka Perang melihat sepertinya taruhan yang bagus, ”tambah Arnold.

3. Meningkatkan Anggaran Militer

5 Alasan Polandia Bisa Jadi Target Invasi Rusia

Foto/Reuters

Polandia telah secara dramatis meningkatkan jumlah yang dihabiskan untuk pertahanan dalam beberapa tahun terakhir, dari kurang dari 2% dari PDB pada tahun 2014 menjadi 4% tahun ini, menurut statistik resmi NATO. Itu menjadikannya pembelanja terbesar dalam hal pangsa PDB, di atas AS. Yang terpenting, lebih dari 50% investasi Polandia adalah peralatan baru serta penelitian dan pengembangan.

“Jika mereka tetap pada jalur dengan semua rencana pengadaan yang berbeda ini, mereka akan menjadi negara adidaya militer Uni Eropa dan NATO di Eropa,” kata Shea. “Dengan satu perhitungan, jika mereka membeli semua tank dari AS, tank Abrams, dan tank yang mereka pesan dari Korea Selatan, ditambah memodernisasi apa yang mereka miliki saat ini, mereka akan memiliki lebih banyak tank daripada Prancis. , Jerman, Italia, dan Inggris digabungkan, ”katanya.

Polandia telah muncul sebagai sekutu utama Ukraina, yang membuatnya rentan. Sebagian besar peralatan militer Barat dan perbekalan lainnya sampai ke Ukraina melalui Polandia dan negara itu menampung 1,6 juta pengungsi Ukraina.

“Seluruh inti dari upaya Barat untuk mendukung Ukraina dan mempertahankannya dalam pertarungan sangat bergantung pada Polandia,” kata Shea. “Sebagian besar pelatihan tentara Ukraina dilakukan di Polandia dan Polandia juga telah mendirikan sejumlah bengkel, di mana tank Leopard dapat diperbaiki dan dikirim kembali, dan banyak tentara Ukraina yang terluka dirawat di rumah sakit Polandia, ”jelasnya.

Pada saat yang sama, pemerintah siap memprioritaskan pemilihnya. “Partai Hukum dan Keadilan telah menunjukkan bahwa mereka bersedia untuk membuat marah orang Ukraina di mana alternatifnya adalah mengasingkan petani Polandia,” kata Shea, menunjuk keputusan Warsawa untuk melarang impor biji-bijian dan produk makanan lainnya dari Ukraina menyusul lonjakan dalam barang murah. Warsawa sekarang mencoba untuk memperpanjang larangan tersebut.

4. Menegaskan Hubungan Polandia dan Uni Eropa

5 Alasan Polandia Bisa Jadi Target Invasi Rusia

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)