Jet Tempur MiG-29 Rusia Cegat Pesawat NATO di Atas Laut Barents

Selasa, 15 Agustus 2023 - 08:22 WIB
loading...
Jet Tempur MiG-29 Rusia Cegat Pesawat NATO di Atas Laut Barents
Ilustrasi jet tempur MiG-29 Rusia. Jet tempur MiG-29 mencegat pesawat patroli militer anggota NATO di atas Laut Barents. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Sebuah jet tempur MiG-29 Rusia melakukan pencegatan terhadap pesawat patroli militer negara NATO; Norwegia, di atas Laut Barents pada hari Senin.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan intersepsi itu dilakukan untuk mencegah pelanggaran perbatasan oleh pesawat patroli militer asing.

“Saat pesawat tempur Rusia mendekat, pesawat militer asing berbelok arah dari perbatasan Federasi Rusia,” kata kementerian tersebut, seperti dikutip AFP, Selasa (15/8/2023).



"Tidak ada pelanggaran perbatasan," lanjut Kementerian Pertahanan, yang mengidentifikasi pesawat Norwegia itu sebagai pesawat patroli P-8A Poseidon.

Kementerian itu mengatakan penerbangan jet tempur MiG-29 dilakukan sesuai dengan aturan internasional. "Tanpa melintasi rute udara atau melakukan rapprochement yang berbahaya," paparnya.

Norwegia, anggota NATO, berbagi perbatasan darat dengan Rusia, serta perbatasan laut di Laut Barents. Pemerintah atau pun militer Norwegia belum berkomentar atas intersepsi oleh jet tempur Rusia.

Insiden yang melibatkan pesawat Rusia dan Barat telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir di tengah invasi Moskow ke Ukraina.

Secara terpisah, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan beberapa pesawat pengebom strategisnya melakukan penerbangan terjadwal di atas perairan netral di Laut Baltik dan kawasan Laut Utara, termasuk Laut Barents.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)