Terus Bertambah, Korban Tewas Kebakaran Hutan Hawaii Capai 67 Orang

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 14:44 WIB
loading...
Terus Bertambah, Korban Tewas Kebakaran Hutan Hawaii Capai 67 Orang
Korban tewas akibat kebakaran hutan di Hawaii terus bertambah dan kini mencapai 67 orang. Foto/Erin Hawk/Handout via REUTERS
A A A
MAALAEA - Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan di Maui, Hawaii , Amerika Serikat (AS) naik menjadi 67 pada Jumat waktu setempat ketika tim pencari menyisir reruntuhan Lahaina yang membara.

Para pejabat Hawaii saat ini berusaha mengetahui bagaimana api menyebar begitu cepat melalui kota resor bersejarah itu dengan hanya ada sedikit peringatan.

Kebakaran hutan di Hawaii menjadi bencana alam paling mematikan dalam sejarah negara bagian tersebut. Ini melampaui tragedi tsunami pada tahun 1960 yang menewaskan 61 orang.

Para pejabat telah memperingatkan bahwa tim pencari dengan anjing pelacak mayat masih dapat menemukan lebih banyak korban tewas akibat kebakaran yang membakar 1.000 bangunan dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

"Tidak ada yang memasuki salah satu dari struktur yang telah terbakar ini dan sayangnya di situlah kami mengantisipasi bahwa jumlah korban tewas akan meningkat secara signifikan," kata Senator AS dari Hawaii Brian Schatz kepada MSNBC seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (12/8/2023).

Dia kemudian mengatakan kepada CNN bahwa Lahaina menyerupai zona perang yang dibom di mana panas melelehkan blok mesin.

Api di Lahaina yang menyebar dari semak belukar ke kota masih menyala tetapi 85% dapat diatasi, kata pemerintah Distrik Maui dalam sebuah pernyataan. Dua kebakaran hutan lainnya di pulau itu 80% dan 50% terkendali.

Tiga hari setelah bencana, masih belum jelas apakah beberapa warga telah menerima peringatan sebelum api melahap rumah mereka.

Pulau itu memiliki sirene darurat yang dimaksudkan untuk memperingatkan bencana alam dan ancaman lainnya, tetapi tampaknya tidak terdengar selama kebakaran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)