Turki Yakin Perundingan Damai Ukraina Sia-sia Tanpa Rusia

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 06:51 WIB
loading...
Turki Yakin Perundingan Damai Ukraina Sia-sia Tanpa Rusia
Tentara Rusia mengendarai tank di garis depan pertempuran melawan Ukraina. Foto/sputnik
A A A
ANKARA - Turki yakin setiap negosiasi perdamaian di Ukraina yang tidak melibatkan Rusia tidak akan memberikan hasil dan solusi.

Surat kabar Hurriyet melaporkan Ankara menyuarakan posisinya itu selama pertemuan tentang konflik yang diselenggarakan Arab Saudi awal bulan ini.

Konferensi tingkat tinggi (KTT) di Jeddah mempertemukan sekitar 40 negara, yang diwakili terutama oleh penasihat keamanan dan diplomat senior.

Pembicaraan, yang tidak melibatkan Rusia, gagal memberikan hasil yang nyata, dengan para peserta hanya setuju bahwa Piagam PBB dan integritas teritorial Ukraina harus dihormati.

Turki diwakili penasihat utama Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk kebijakan luar negeri dan keamanan, Akif Cagatay Kilic.

Dalam pertemuan tersebut, Ankara menyatakan posisinya, “Jika Rusia tidak diikutsertakan dalam pencarian solusi, tidak akan ada hasil dan solusi.”



Pembicaraan Jeddah menunjukkan Turki tetap menjadi satu-satunya pihak yang berbicara "secara terbuka dan jelas" dengan Kiev dan Moskow, klaim surat kabar itu.

Turki telah berusaha menjadi mediator dalam konflik yang pecah pada Februari 2022 itu sejak tahap paling awal.

Negara itu menjadi tuan rumah pembicaraan langsung tahun lalu antara Kiev dan Moskow di Istanbul, yang menghasilkan kesepakatan perdamaian awal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)